Kamis, 19/09/2019 01:47 WIB

NASA Siapkan Roket Raksasa Daratkan Astronot di Bulan

Fasilitas NASA di Alabama yang mengembangkan roket raksasa untuk program Apollo pada 1960-an akan memainkan peran penting

Pada 31 Juli 1999, NASA sengaja menabrak pesawat ruang angkasa Lunar Prospector ke bulan dengan harapan menemukan bukti air. Para peneliti mengatakan tidak mengungkapkan tanda-tanda seperti itu.

Jakarta, Jurnas.com - Fasilitas NASA di Alabama yang mengembangkan roket raksasa untuk program Apollo pada 1960-an akan memainkan peran penting dalam mengirim astronot ke permukaan Bulan pada 2024 mendatang.

Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall di Huntsville akan memimpin pengembangan kendaraan yang akan mendaratkan astronot pada tubuh untuk pertama kalinya sejak 1972.

Dilansir BBC, Minggu (18/08) keputusan itu diumumkan oleh administrator NASA Jim Bridenstine.

Tapi ini mengecewakan bagi Texas, yang sedang dalam pelarian. Gedung Putih ingin mengirim seorang pria dan seorang wanita ke Kutub Selatan Bulan dalam lima tahun, di bawah sebuah program yang disebut Artemis.

Huntsville di Alabama utara dikenal sebagai "Kota Roket", karena hubungannya yang panjang dengan program luar angkasa. Di sinilah peluncur besar Saturn V, yang membawa manusia ke orbit selama program Apollo pada 1960-an dan 70-an, dirancang, dibangun, dan diuji.

Bridenstine membuat pengumuman di fasilitas Marshall di depan versi uji dari tangki hidrogen setinggi 45m (149ft-) untuk roket Space Launch System, yang akan meluncurkan para astronot dalam perjalanan mereka dari Bumi pada 2024.

"Ini bukan keputusan yang dibuat ringan. Banyak kerja keras telah dilakukan di sini di Huntsville lebih dari 10 tahun sekarang mengenai sistem pendaratan," kata Bridenstine.

Tapi tidak semua orang akan senang dengan keputusan itu. Sebelum pengumuman resmi, legislator Texas termasuk Senator Ted Cruz telah menulis surat terbuka kepada Bridenstine untuk mendorong Johnson Space Center NASA, yang berbasis di Houston, Texas, untuk memimpin pengembangan pendaratan.

TAGS : Proyek NASA Astronot Bulan




TERPOPULER :