Kamis, 22/08/2019 03:55 WIB

AS Pede Klaim Tembak Jatuh Drone Iran

Berlayar antara Teluk Persia dan Teluk Oman, USS Boxer dikatakan telah menggunakan langkah-langkah elektronik untuk menurunkan drone yang diklaim AS dioperasikan oleh Iran.

Rekaman IRGC yang menjukkan waktu operasi pengawasan drone Iran terhadap kapal Amerika Serikat (AS)

Washington, Jurnas.com - Seorang jenderal Amerika Serikat (AS) mengklaim, pasukan AS menjatuhkan pesawat tanpa awak Iran. Meski belum memberkan buktinya, tapi memastikan memiliki rekamannya.

Iran sudah menegaskan, semua dronenya diperhitungkan, tetapi Komandan CENTCOM, Jenderal Kenneth McKenzie, menyatakan kepada CBS News, pihaknya berhasil menembak jatuh pesawat tanpa awak Negeri Para Mullah.

"Kami yakin kami menjatuhkan satu drone; kami mungkin menjatuhkannya dalam hitungan detik," kata McKenzie, merujuk pada pertemuan USS Boxer dengan pesawat tak berawak yang diduga milik Iran, Selasa (23/7).

Komentar McKenzie memperkuat klaim tak berdasar Washington yang sejauh ini belum dirilis.

Berlayar antara Teluk Persia dan Teluk Oman, USS Boxer dikatakan telah menggunakan langkah-langkah elektronik untuk menurunkan drone yang diklaim AS dioperasikan oleh Iran.

"Kami percaya dua pesawat tak berawak berhasil diamankan," kata McKenzie, berbicara di atas kapal serbu amfibi USS Boxer.

"Mungkin ada lebih dari itu, kita tahu, kita tidak menyadarinya. Mereka adalah dua yang berhasil kami amankan," sambungnya.

Meski begitu, Iran membantah salah satu dron miliknya hilang saat konfrontasi militer dengan AS.

Komandan Divisi Aerospace IRGC, Amir-Ali Hajizadeh menyebut klaim Presiden AS Donald Trump hoaks alias berbohong.

"Kebohongan yang diceritakanTrump begitu besar sehingga pada awalnya kami percaya bahwa mereka dapat menembak jatuh salah satu dari drone kami," kata Hajizadeh, Minggu (20/7).

IRGC juga telah merilis rekaman yang ditangkap pesawat tanpa awak Iran yang terbang di atas Selat Hormuz dan memantau kapal Angkatan Laut AS, yang membantah klaim tersebut.

Beberapa jam setelah tuduhan Trump, Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Araqchi, mengatakan, "Kami belum kehilangan pesawat tanpa awak di Selat Hormuz atau di tempat lain."

Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton,mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih pada Jumat (19/7) bahwa pemerintahan Trump akan merilis video insiden tersebut.

TAGS : Selat Hormuz Iran Amerika Serikat Donald Trump




TERPOPULER :