Kamis, 19/09/2019 05:13 WIB

Serangan Udara AS Tewaskan Sejumlah Polisi Afghanistan

Serangan udara yang dilancarkan oleh militer Amerika Serikat di Provinsi Helmand, Afghanistan, telah menewaskan delapan anggota kepolisian setempat.

Taliban (foto:AA)

Kabul, Jurnas.com - Serangan udara yang dilancarkan oleh militer Amerika Serikat di Provinsi Helmand, Afghanistan, telah menewaskan delapan anggota kepolisian setempat.

Seorang juru bicara militer AS menyebut kematian tersebut sebagai `kecelakaan tragis`, yang terjadi setelah pasukan keamanan Afghanistan meminta dukungan udara AS untuk melakukan operasi melawan kelompok Taliban.

Menurut juru bicara gubernur Helmand, Omar Zwak, delapan polisi yang tewas termasuk dua perwira senior. Sementara 11 polisi lainnya terluka dalam baku tembak dengan gerilyawan Taliban.

Dilansir dari Reuters, Kolonel David Butler, juru bicara Pasukan AS-Afghanistan, mengatakan bahwa selama pertempuran sengit dengan Taliban di dekat ibukota provinsi Lashkar Gah, Pasukan Keamanan Pertahanan Nasional Afghanistan meminta dukungan udara presisi AS.

"Kami mengacaukan dukungan yang diminta dengan unit koordinasi Afghanistan untuk memastikan daerah itu bersih dari pasukan persahabatan. Mereka (pasukan Afghanistan) melaporkan dan mengkonfirmasi bahwa daerah itu bersih dari pasukan ramah," kata Butler.

"Sayangnya, itu tidak terjadi dan kecelakaan tragis terjadi. Pasukan keamanan Afghanistan dan juga pejuang Taliban tewas dalam serangan itu," katanya.

Stasiun TV swasta terbesar Afghanistan, Tolo News melaporkan bahwa 17 petugas polisi terbunuh dan 11 lainnya terluka.

Pasukan Amerika secara teratur memberikan dukungan kepada pasukan Afghanistan dalam operasi melawan Taliban. Pejabat AS mengatakan mereka tidak memiliki rincian jumlah orang yang tewas oleh Taliban dan dalam serangan udara.

"Kami sedang memeriksa miskomunikasi untuk memastikan itu tidak terulang dan menyesali hilangnya kehidupan tragis dari mitra kami dan berkomitmen untuk meningkatkan setiap hari dengan setiap misi," terang Butler.

Gubernur Helmand Mohammad Yasin dan pejabat pemerintah di Kabul mengatakan serangan udara sedang diselidiki. Mereka tidak memberikan detail kejadian itu.

TAGS : Polisi Afghanistan Militer AS Kelompok Taliban




TERPOPULER :