Kamis, 25/04/2024 00:47 WIB

Kemenlu Anugerahi Penghargaan Tokoh dan Organisasi Pemberi Perlindungan WNI

Menurut Iqbal, dalam lima tahun terakhir, ada banyak pencapaian yang telah ditorehkan dalam memberikan perlindungan bagi WNI.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal (Foto: Kompas)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengapresiasi berbagai pihak, individu maupun institusi dari sektor pemerintah maupun non pemerintah yang berkontribusi dalam upaya perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Apresiasi itu akan diserahkan langsung Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pada acara Penganugerahan Hasan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA) kelima di Jakarta pada September 2019.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum, Lalu Muhammad Iqbal, menerangkan, HWPA 2019 ini merupakan momentum untuk menumbuhkan pengakuan di luar Kemenlu yang juga berperan dalam memberikan perlindungan TKI di luar negeri.

"Dari awalnya HWPA ini dibentuk adalah untuk menumbuhkan pengakuan terhadap peran pihak pihak di luar kemenlu dan perwakilan di dalam upaya-upaya perlindungan WNI," ujar Iqbal dalam konferensi HWPA 2019 di Kantin Diplomasi Kemenlu, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Menurut Iqbal, dalam lima tahun terakhir, ada banyak pencapaian yang telah ditorehkan dalam memberikan perlindungan bagi WNI. Hal itu tidak lepas terlepas dari peran pihak-pihak di luar kemenlu dan perwakilan.

"Ini adalah pengakuan yang tulus bahwa ini tidak bisa dilakukan sendiri," kata Iqbal.

Selain menumbuhkan pengakuan peran pihak luar, Kemenlu juga akan menumbuhkan ownership di dalam isu perlindungan WNI.

"Ketika kebutuhan untuk memberikan perlindungan WNI ini muncul, banyak pihak langsung melakukan sesuatu bahkan dibanyak tempat di berbagai pelosok dunia yang tidak terjangkau oleh perwakilan ikut serta memberikan perlindungan kepada WNi kita," ujar Iqbal.

Berikut delapan kategori yang akan di anugerahi HWPA 2019, Mitra Kerja Kemenlu, Kepala Perwakilan, Staff Perwakilan RI, Mitra Kerja Perwakilan RI, Masyarakat Madani Indonesia, Jurnalis, Pemerintah Daerah dan Pelayanan Publik.

KEYWORD :

HWPA 2019 Info Kementerian Luar Negeri WNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :