Minggu, 07/03/2021 00:11 WIB

Beredar Video Propaganda Pemimpin ISIS

Al-Baghdadi, mengataka akan membalas dendam atas pembunuhan dan pemenjaraan para pejuangnya.

Duduk dengan senjata serbu, al-Baghdadi memberikan pidato 18 menit dan bersumpah akan melakukan sersngan lebih banyak lagi (Foto: Al Furqan via AFP)

Jurnas.com - Ketua kelompok Negara Islam Irak dan Levant (ISIL atau ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, setelahlima tahun dalam sebuah video propaganda yang dirilis oleh kelompok bersenjata itu.

Dalam video yang dirilis jaringan media ISIL, Al Furqan pada Senin (29/4) itu, al-Baghdadi, mengataka akan membalas dendam atas pembunuhan dan pemenjaraan para pejuangnya.

Belum diketahui kapan video itu diambil, tetapi al-Baghdadi menyinggung ketegangan masa lalu yang berlangsung selama berbulan-bulan di Baghouz, benteng terakhir ISIL di Suriah timur, yang berakhir bulan lalu.

"Pertempuran untuk Baghouz sudah berakhir," kata pemimpin ISIL dengan janggut lebat dan senjata serbu di dekatnya, sambil duduk bersila di atas bantal dan berbicara kepada tiga pria yang wajahnya buram.

Mengenakan jubah hitam dengan rompi krem, video al-Baghdadi berdurasi 18 menit.

Kelompok SITE Intelligence mengatakan al-baghdad juga membahas pemboman di Sri Lanka yang menewaskan lebih dari 250 orang pada Minggu Paskah dalam rekaman audio setelah video berakhir.

"Saudara-saudaramu di Sri Lanka telah menyembuhkan hati para monoteis (anggota ISIL) dengan pemboman bunuh diri mereka, yang mengguncang ranjang para pejuang selama Paskah untuk membalas dendammu saudara di Baghouz," katanya.

Ini adalah penampilan pertama al-Baghdadi dalam sebuah video sejak menyampaikan khotbah di Masjid Agung al-Nuri, di Mosul, Irak, pada tahun 2014. Pidato itu menandai kebangkitan kelompok tersebut dan "kekhalifahan" yang dinyatakan sendiri di Irak dan Suriah.

Pada Januari tahun yang sama, ISIL merebut kota Suriah, Raqqa sebagai ibukotanya. Pada Juni, kelompok itu juga merebut kota Mosul kedua di Irak, dengan populasi dua juta orang. Itu diadakan kedua kota hingga 2017.

Eksekusi publik yang mengerikan merupakan kejadian biasa di daerah-daerah bekas ISIL, termasuk membakar orang hidup-hidup dan pemenggalan.

Pada puncaknya pada Januari 2015, ISIL menguasai wilayah di Suriah dan Irak yang kira-kira setara dengan ukuran Inggris dan telah menarik 40.000 pejuang untuk tujuan itu.

Al-Baghdadi merupakan orang yang paling dicari di dunia. Meskipun banyak klaim tentang kematiannya dalam beberapa tahun terakhir, keberadaannya tetap menjadi misteri.

"Pertempuran kami hari ini adalah perang gesekan untuk merugikan musuh, dan mereka harus tahu bahwa jihad akan berlanjut sampai kiamat," kata al-Baghdadi dalam video itu.

Skrip tertulis pada awal video bertanggal pada awal April. Keaslian dan tanggal rekaman tidak dapat diverifikasi secara independen.

Al-Baghdadi secara berkala mengeluarkan pernyataan audio. Rekaman suara terakhirnya kepada para pendukung dirilis pada Agustus 2018 - delapan bulan setelah Irak mengumumkan telah mengalahkan ISIL dan pasukan dukungan AS mendekati kelompok itu di Suriah.

Dalam video yang diterbitkan pada hari Senin, ia bersikeras operasi ISIL terhadap Barat adalah bagian dari "pertempuran panjang" dan kelompok itu akan "membalas dendam" bagi para anggotanya yang telah terbunuh.

"Akan ada lebih banyak yang akan datang setelah pertempuran ini," kata al-Baghdadi, tampaknya merujuk pada pertarungan terakhir di Baghouz.

Selama bertahun-tahun, beberapa kelompok bersenjata di luar Timur Tengah, termasuk di beberapa bagian Afrika dan Asia Tenggara, telah berjanji setia kepada ISIL, mengklaim serangan yang menghancurkan baik warga sipil maupun personel keamanan.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2016 mengatakan setidaknya 34 kelompok dari seluruh dunia telah berjanji setia kepada kelompok itu.

TAGS : Abu Bakar al-baghdad ISIS Sri Lanka




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :