Selasa, 21/05/2019 21:36 WIB

Israel Lepas Serangan Udara ke Jalur Gaza

Menteri keamanan Israel, Naftali Bennett, menuduh Hamas bertanggung jawab dalam insiden itu.

Tampak kepulan asap dan nyala api selama serangan udara Israel di Gaza pada hari Jumat (Foto: Mohammed Salem/Reuters)

Yerusalem, Jurnas.com - Israel melancarkan serangan udara di Gaza beberapa jam setelah roket ditembakkan di dekat Tel Aviv. Aksi itu menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya eskalasi besar dalam konflik Israel-Palestina.

Ledakan terdengar di Jalur Gaza Jumat pagi (15/3) dan saksi-saksi Palestina mengatakan pesawat-pesawat Israel membom posisi keamanan Hamas.

Tidak ada kata korban dalam insiden itu. Sekitar 30 serangan yang menargetkan posisi sayap militer Hamas dan sekutu mereka Jihad Islam, yang menyebabkan kerusakan signifikan, kata satu sumber keamanan Gaza kepada kantor berita AFP.

Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang "situs-situs teror" di Gaza, beberapa jam setelah mengatakan dua roket diluncurkan dari daerah kantong di wilayah Tel Aviv.

Serangan udara terjadi di kota Gaza selatan Khan Younis, sekitar 25 km selatan Kota Gaza.

Penembakan roket ke Tel Aviv, yang pertama sejak 2014, memicu kemungkinan pembalasan Israel yang keras.

Roket itu  mebuat sirene berbunyi di seluruh kota - sekitar 80 km utara Gaza - yang merupakan ibukota komersial dan budaya padat penduduk Israel.

Ledakan terdengar di Tel Aviv dan saksi mata mengatakan rudal pencegat Iron Dome ditembakkan ke angkasa dan diledakkan - meskipun militer mengatakan tidak ada roket yang ditembak jatuh.

"Saya mendengar roket dan saya mendengar sirene berbunyi. Agak mengejutkan, saya tidak berpikir bahwa, Anda tahu, itu benar-benar dapat mencapai Tel Aviv," kata warga Yonah Zeff.

Menteri keamanan Israel, Naftali Bennett, menuduh Hamas bertanggung jawab dalam insiden itu.

"Sudah waktunya untuk mengalahkan Hamas. Sudah waktunya untuk bertindak secara sepihak dan melumpuhkan Hamas untuk membela warga Israel," kata Bennett.

Pesawat-pesawat tempur dapat terdengar terbang di atas kepala di Kota Gaza, di mana asap dari ledakan dapat terlihat di kejauhan.

TAGS : Jalur Gaza Roket Israel Perang Timur Tengah




TERPOPULER :