Senin, 25/03/2019 13:32 WIB

Jaksa Tantang Trump Deklarasi Darurat Nasional

Becerra berharap negara-negara bagian yang dikendalikan oleh partai oposisi, Demokrat, dapat bergabung dengan upaya ini.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: IRNA)

Washington – Jaksa Agung negara bagian California, Amerika Serikat (AS) Xavier Becerra menantang Presiden AS Donald Trump untuk mendeklarasikan darurat nasional, guna mendapatkan dana pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

“(Deklarasi) yang jelas dan segera,” tegas Becerra dalam acara `This Week` ABC pada Senin (18/2).

Becerra berharap negara-negara bagian yang dikendalikan oleh partai oposisi, Demokrat, dapat bergabung dengan upaya ini.

“Kami siap, kami tahu sesuatu seperti ini mungkin terjadi. Dan dengan mitra negara saudara kami, kami siap untuk mendesaknya,” lanjut dia.

Trump menyebut akan menetapkan darurat nasional pada pekan lalu, di bawah undang-undang tahun 1976, setelah Kongres menolak permintaannya untuk membangun tembok perbatasan yang menelan biaya US$5,7 miliar.

Dikutip dari Reuters, dengan menetapkan darurat nasional, Trump memungkinkan mendapatkan uang yang dialokasikan oleh Kongres untuk keperluan lain, salah satunya pembangunan tembok.

Mengutip rencana Trump, Becerra mengatakan bahwa presiden tidak perlu menempuh upaya ini. Pasalnya, deklarasi darurat rentan secara hukum.

“Menjadi jelas bahwa ini bukan keadaan darurat, bukan hanya karena tidak ada yang percaya hal itu, tapi karena Donald Trump sendiri mengatakan tidak,” tutur dia.

Becerra dan Gubernur California Gavin Newsom, yang sama-sama berasal dari Partai Demokrat, diperkirakan akan menuntut untuk memblokir langkah Trump.

Becerra mengatakan kepada ABC bahwa California dan negara-negara bagian lainnya sedang menunggu untuk mengetahui program-program federal mana yang akan kehilangan uang, untuk menentukan jenis kerusakan apa yang bisa dihadapi negara-negara bagian dari deklarasi tersebut.

Dia mengatakan California mungkin dirugikan oleh sedikit dana federal untuk layanan tanggap darurat, militer dan menghentikan perdagangan narkoba.

TAGS : Donald Trump Tembok Perbatasan Darurat Nasional




TERPOPULER :