Jum'at, 26/04/2024 18:05 WIB

China Jadi Tuan Rumah Konferensi Nuklir

China mengkonfirmasi akan menyelenggarakan pertemuan resmi kekuatan nuklir utama pada Rabu mendatang, sebuah diskusi pertama dalam dua tahun.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing akan menjadi tuan rumah lima kekuatan nuklir utama minggu depan. File Foto oleh Stephen Shaver / UPI

Jakarta - China mengkonfirmasi akan menyelenggarakan pertemuan resmi kekuatan nuklir utama pada Rabu mendatang, sebuah diskusi pertama dalam dua tahun.

Hal itu disampaikan juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying pada Jumat (25/01). Menurutnya, perwakilan China, Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan Prancis akan bersidang minggu depan untuk membahas non-proliferasi senjata nuklir.

Hua membenarkan pernyataan dari Moskow awal pekan ini. Pada Rabu, juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov akan bertemu dengan Wakil Menteri AS untuk Kontrol Senjata dan Keamanan Internasional Andrea Thompson.

"Tema konferensi adalah penguatan kerja sama antara kekuatan nuklir, dan untuk mempertahankan perjanjian nonproliferasi," kata Hua dilansir UPI.

"Lima kekuatan nuklir akan membahas strategi nuklir, pelucutan senjata nuklir dan non-proliferasi," tambahnya.

Hua tidak menyebutkan upaya berkelanjutan untuk melakukan denuklirisasi Korea Utara. ia mengatakan bahwa Beijing "prihatin" setelah dua kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan pada hari Jumat.

"Kapal-kapal itu melakukan transit rutin Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional," ujar juru bicara Armada Pasifik AS Letnan Cmdr.

Pada hari Jumat, Hua mengatakan bahwa Tiongkok mengawasi situasi dengan cermat.

Di Taiwan, pemerintah bersiaga setelah setidaknya dua pesawat China, termasuk pembom strategis Xian H-6 dan pesawat peringatan dini dan kontrol udara China KJ-500 terbang dari daratan Kamis melalui Bashi Channel antara Taiwan dan Filipina.

KEYWORD :

Pertemuan Nuklir China Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :