Jum'at, 26/04/2024 16:20 WIB

102 Demonstran Rompi Kuning Ditangkap

Setidaknya 102 pemrotes Rompi Kuning ditangkap pada Sabtu di ibukota Prancis, Paris

Demonstran Prancis (UPI)

Jakarta - Setidaknya 102 pemrotes Rompi Kuning ditangkap pada Sabtu di ibukota Prancis, Paris, di mana petugas polisi menggunakan gas air mata dan meriam air pada para pemrotes.

Champs-Elysees tenang pada jam-jam pagi, namun, ketegangan antara petugas polisi dan pengunjuk rasa meningkat pada siang hari.

Para pemrotes melemparkan batu ke polisi dan polisi menggunakan gas air mata dan meriam air terhadap para pengunjuk rasa.

Di Bourges, Prancis tengah, 500 pemrotes berusaha memasuki pusat kota bersejarah, yang kantor gubernurnya melarang protes.

Juga di Belanda, pemrotes Rompi Kuning memprotes pemerintah di 14 kota berbeda termasuk Den Haag, Amsterdam dan Rotterdam.

Protes Rompi Kuning, yang dimulai sebagai reaksi untuk memicu kenaikan pajak dan berkembang menjadi protes terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, terus berlanjut meskipun ada seruan dari pemerintah untuk menghentikannya.

Protes pertama kali dimulai di Perancis pada 17 November, tetapi dengan cepat mengambil tema yang lebih besar dan juga menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Ribuan pengunjuk rasa mengenakan rompi kuning cerah - dijuluki Rompi Kuning - telah berkumpul di kota-kota besar Prancis, termasuk ibukota Paris, untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar Macron yang kontroversial dan memburuknya situasi ekonomi.

Demonstran mengadakan protes yang menghalangi jalan dan lalu lintas, dan juga memblokir pintu masuk dan keluar ke banyak pompa bensin dan pabrik di seluruh negeri.

Para pengunjuk rasa, yang umumnya tinggal di daerah pedesaan karena sewa tinggi di kota-kota, telah meminta Macron untuk memotong pajak bahan bakar dan meringankan kesulitan ekonomi mereka.

Di bawah tekanan dari protes, Macron mengumumkan kenaikan upah minimum dan juga membatalkan kenaikan pajak bahan bakar yang kontroversial.

Sedikitnya 10 orang tewas, lebih dari 5.500 lainnya ditahan, dan lebih dari seribu lainnya terluka dalam protes itu. (aa)

KEYWORD :

Rompi Kuning Demonstran Prancis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :