Kamis, 17/01/2019 17:37 WIB

Pasca Bom Giza, 40 Terduga Teroris Disikat

Polisi Mesir menewaskan 40 terduga teroris, pasca bom di dekat Piramida Giza yang menyebabkan tiga turis asal Vietnam dan satu pemandu wisata lokal di atas sebuah bus meregang nyawa.

Ilustrasi garis polisi (foto: Patch)

Kairo – Polisi Mesir menewaskan 40 terduga teroris, pasca bom di dekat Piramida Giza yang menyebabkan tiga turis asal Vietnam dan satu pemandu wisata lokal di atas sebuah bus meregang nyawa.

Dilansir dari AFP, para tersangka tewas dalam serangan terpisah. Dua penggerebekan di lokasi Piramida Giza menewaskan 30 terduga teroris, sementara 10 lainnya di Sinai Utara, menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Dikatakan oleh pihak berwenang, tindakan itu diambil setelah adanya informasi bahwa para tersangka sedang mempersiapkan serentetan serangan, terhadap negara dan lembaga wisata, serta gereja.

“Informasi diterima oleh keamanan nasional bahwa sekelompok teroris berencana untuk melakukan serangkaian serangan agresif yang menargetkan lembaga-lembaga negara, terutama yang ekonomi, serta pariwisata, angkatan bersenjata, polisi dan tempat-tempat ibadah Kristen,” demikian bunyi pernyataan tersebut pada Sabtu (29/12).

Sebelumnya, tiga turis asal Vietnam dan seorang pemandu wisata Mesir meregang nyawa saat sedang menuju situs Piramida di Mesir, setelah sebuah bom meledak lalu menghantam bus yang mereka tumpangi di dekat Piramida Giza.

Menurut keterangan kantor jaksa penuntut umum, selain korban tewas, 11 wisatawan lainnya dari Vietnam dan seorang sopir bus juga terluka.

Dilansir dari AFP, perangkat bom dipasang di dekat dinding di sepanjang Jalan Mariyutiya, Distrik Al-Haram, dekat Piramida Giza. Sementara bus membawa 16 penumpang, termasuk 14 turis Vietnam, pemandu wisata, dan sopir.

Di lokasi kejadian, jendela bus berwarna putih itu tampak hancur. Sementara badan bus dikelilingi oleh puing-puing tembok yang terlempar.

TAGS : Piramida Mesir Bom Meledak




TERPOPULER :