Jum'at, 26/04/2024 06:12 WIB

Polisi Myanmar Tewas Mengenaskan, Siapa Pelakunya?

Di hari yang sama, dua pria etnis Rakhine beragama Budha menghilang saat memancing  dan kemudian ditemukan tewas dengan leher tergores.

Militer Myanmar saat menghadapi warga muslim Rohingya (Foto: Reuters)

Rakine - Polisi Myanmar ditemukan tewas penuh dengan tusukan peluru di negara bagian Rakhine utara, jantung konflik Rohingya yang meletus tahun lalu.

"Tubuhnya ditemukan dua hari lalu dengan luka tembak di wajah, lengan dan kakinya," menurut Global New Light, yang didukung pemerintah Myanmar pada Minggu (23/12).

Wilayah barat adalah kotak perpecahan etnis, agama dan tempat pasukan keamanan bentrok dengan kedua kelompok bersenjata Rohingya dan pejuang Rakhine yang bersenjata lebih baik dari sebagian besar Tentara Arakan yang beragama Buddha.

Prajurit Aung Kyaw Thet  menghilang dalam serangan tak dikenal di kota Maungdaw dekat perbatasan dengan Bangladesh pekan lalu. Di hari yang sama, dua pria etnis Rakhine beragama Budha menghilang saat memancing  dan kemudian ditemukan tewas dengan leher tergores.

Laporan Global New Light pada Minggu itu tidak mengidentifikasi dugaan pelaku penembakan itu, tetapi mengatakan pihak berwenang menemukan lubang perlindungan di dekat tempat kejadian, selongsong peluru dan biskuit yang diproduksi di Bangladesh.

Lebih dari 720.000 Rohingya melarikan diri dari Rakhine utara ke Bangladesh setelah Myanmar melancarkan penindasan terhadap sebagian besar minoritas Muslim pada Agustus 2017.

Penyelidik PBB ingin jenderal senior Myanmar diadili karena genosida, tetapi militer mengatakan mereka menanggapi serangan terhadap pos penjaga perbatasan oleh pejuang Rohingya yang menewaskan sekitar puluhan pasukan keamanan.

Tentara Myanmar minggu ini menyerukan gencatan senjata langka terhadap kelompok-kelompok bersenjata etnis di timur laut negara itu, tetapi negara bagian Rakhine tidak termasuk.

KEYWORD :

Etnis Rohingya Militer Myanmar Pembantaian Etnis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :