Kamis, 02/05/2024 04:48 WIB

NASA Letakkan Seismometer Pertama di Mars

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya menempatkan salah satu instrumennya di permukaan Mars

Peletakan saismometer pertama di Mars oleh NASA (foto: UPi)

Jakarta - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirnya menempatkan salah satu instrumennya di permukaan Mars. Pesawat ruang angkasa meletakkan seismometer pertama dalam sejarah di tanah Mars.

Sejak InSight mendarat di Planet Merah pada akhir November, pesawat ruang angkasa telah mensurvei sekelilingnya dan melakukan pemeriksaan sistem untuk memastikan semuanya berjalan sesuai urutan kerja. Persiapannya berjalan lancar.

"Jadwal kegiatan InSight di Mars telah berjalan lebih baik dari yang kami harapkan," ujar Tom Hoffman, manajer proyek misi dan ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA dikutip UPI. "Mendapatkan seismometer dengan aman di tanah adalah hadiah Natal yang luar biasa."

Seperti yang telah disiapkan InSight untuk penyebaran dua instrumen eksternal utamanya, salah satu instrumen internalnya telah mempelajari inti Mars. Data yang dikumpulkan oleh Rotation and Interior Structure Experiment dapat menghasilkan hasil ilmiah dalam waktu satu tahun.

Semua instrumen InSight didedikasikan untuk lebih memahami struktur interior Mars. InSight menempatkan seismometer menyiram ke permukaan Mars, sejauh dari pesawat ruang angkasa karena lengan robotnya dapat mencapai permukaan.

Selama dua tahun ke depan, InSight akan tetap diam saat instrumen berkubah mendengarkan gelombang seismik yang melakukan perjalanan melalui Mars. Pola gelombang seismik yang berbeda dapat mengungkapkan rincian tentang bagian dalam Mars. Pemahaman yang lebih baik tentang struktur batin Mars akhirnya bisa memberikan wawasan tentang asal-usul dan evolusi Planet Merah.

"Penempatan seismometer sama pentingnya dengan pendaratan InSight di Mars," kata Bruce Banerdt, kepala peneliti misi di JPL. "Seismometer adalah instrumen prioritas tertinggi pada InSight: Kami membutuhkannya untuk menyelesaikan sekitar tiga perempat dari tujuan sains kami."

Jika seismometer berkinerja optimal dalam beberapa minggu mendatang dan tidak ada masalah muncul, para ilmuwan misi berencana untuk menyebarkan probe panas 16 kaki pada akhir Januari.

KEYWORD :

Lembaga NASA Planet Mars




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :