Rabu, 08/05/2024 20:06 WIB

China Sepakat Turunkan Tarif Impor Mobil Buatan AS

Ekspor otomotif Amerika ke China turun tajam setelah tarif diberlakukan pada awal Juli sebagai pembalasan atas 25 persen tarif Trump atas impor China senilai 34 miliar dolar AS.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bertemua Presiden China, Xi Jinping di Buenos Aires, Argentina pada Sabtu 1 Desember 2018. (Foto: Li Xueren/Xinhua))

Jakarta - Pemerintah China telah setuju untuk menurunkan tarif impor pada mobil buatan Amerika Serikat dari 40 persen menjadi 15 persen, tindakan terukur pertama yang keluar dari pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Cina Xi Jinping pada 1 Desember lalu.

Komitmen itu dikomunikasikan dalam sebuah panggilan pada Selasa antara Liu He, wakil perdana menteri China dan ditunjuk sebagai perunding perdagangan utama, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer.

Membuka putaran diskusi baru yang bertujuan untuk mengakhiri perang dagang, seruan itu dideskripsikan oleh kementerian perdagangan China sebagai pertukaran pandangan tentang kerangka waktu dan peta jalan untuk mewujudkan konsensus yang disepakati di puncak para pemimpin negara `setelah pertemuan G20 baru-baru ini di Argentina.

Dilansir SCMP, mengurangi tarif otomatis tidak disebutkan dalam pernyataan resmi dari Beijing setelah pertemuan makan malam di Buenos Aires, meskipun Trump tweeted pada hari berikutnya bahwa China telah setuju untuk mengurangi dan menghapus tarif pada mobil yang masuk ke China dari AS.

Departemen Keuangan dan Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat tidak menanggapi permintaan untuk komentar pada hari Selasa.

Ekspor otomotif Amerika ke China turun tajam setelah tarif diberlakukan pada awal Juli sebagai pembalasan atas 25 persen tarif Trump atas impor China senilai 34 miliar dolar AS.

Nilai ekspor kendaraan pada Agustus mencapai lebih dari US $ 460 juta, turun 55 persen pada angka bulanan yang sama untuk 2017, menurut angka sensus AS. Nilai tahun-ke-tanggal untuk 2018, sekitar US $ 5,6 miliar, turun lebih dari 30 persen dibandingkan dengan angka ekspor untuk 2017 hingga Oktober.

Meskipun dampak penting dari tit-for-tat rentetan tarif, pengurangan bea otomatis mungkin lebih simbolis daripada substantif, mengingat bahwa pasar China merupakan hanya di bawah 11 persen dari semua ekspor global kendaraan bermotor AS, menurut sensus angka untuk 2018 hingga Oktober.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Impor Mobil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :