Rabu, 08/05/2024 22:24 WIB

Peristiwa Sejarah 04 Desember

Tanggal 04 Desember yang jatuh pada hari ke-338 (atau ke-339 dalam tahun kabisat) pada kalender Gregorian dengan 27 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah

Mantan Presiden George HW Bush adalah presiden yang paling lama hidup dalam sejarah AS. Dia meninggal pada hari Jumat pada usia 94 tahun.

Jakarta – Tanggal 04 Desember yang jatuh pada hari ke-338 (atau ke-339 dalam tahun kabisat) pada kalender Gregorian dengan 27 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya Kelompok musik rock Inggris Led Zeppelin resmi dibubarkan menyusul meninggalnya sang pemain drum John Bonham pada tanggal 25 September.

Selain itu, banyak peristiwa sejarah yang terjadi pada 04 Desember antara lain:

1639 - Observasi pertama fenomena transit Venus oleh Jeremiah Horrocks di Inggris.

1791 - Edisi pertama The Observer, koran Minggu pertama di dunia, diterbitkan.

1829 - Ritual sati, yaitu ritual Hindu berupa seorang janda yang ditinggal mati suaminya membakar dirinya sendiri saat jenazah sang suami dikremasi, dilarang oleh pemerintah kolonial Inggris di India.

1881 - Edisi pertama Los Angeles Times diterbitkan.

1918 -  Presiden Woodrow Wilson menjadi presiden AS pertama yang melakukan perjalanan ke Eropa. Dia memimpin delegasi AS ke konferensi perdamaian mengakhiri Perang Dunia I.

1942 - Presiden AS Franklin D. Roosevelt memerintahkan likuidasi Administrasi Proyek Pekerjaan, yang diciptakan selama Depresi Besar untuk menyediakan pekerjaan bagi para penganggur. The WPA awalnya disebut Pekerjaan Kemajuan Administrasi.

1954 - Restoran cepat saji Burger King pertama dibuka  di Miami.

1963 - Paus Paulus VI meresmikan dua dokumen pertama yang disetujui oleh Konsili Vatikan II, yaitu Konstitusi tentang Liturgi Suci dan Dekret tentang Upaya-Upaya Komunikasi Sosial.

1971 -  India bergabung dengan Pakistan Timur dalam perangnya untuk kemerdekaan dari Pakistan Barat. Pakistan Timur menjadi republik Bangladesh.

1975 - Suriname bergabung ke dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

1976 - Hasan di Tiro dan pengikutnya mengeluarkan pernyataan melawan pemerintah Indonesia melalui organisasi Aceh Merdeka.

1977 - Malaysia Airlines Penerbangan 653 dibajak dan jatuh di Tanjung Kupang, Johor, Malaysia. Seratus orang tewas.

1980 - Kelompok musik rock Inggris Led Zeppelin resmi dibubarkan menyusul meninggalnya sang pemain drum John Bonham pada tanggal 25 September.

1982 - Pendirian Padhyangan, grup komedi asal Bandung, Indonesia.

1991 -  American Terry Anderson dibebaskan oleh penculik pro-Irannya setelah enam tahun.

1992 - Presiden George H.W. Bush memerintahkan pasukan AS ke Somalia.

1997 - Pejabat kesehatan di Eropa memilih untuk melarang sebagian besar bentuk iklan tembakau dimulai dalam empat hingga lima tahun.

2006 -  John Bolton mengundurkan diri sebagai utusan AS ke PBB. Dia telah menjadi kritik keras terhadap birokrasi AS.

2009 - Seorang juri Italia menemukan mahasiswa pertukaran AS, Amanda Knox dan pacarnya, Raffaele Sollecito, bersalah karena membunuh teman sekamarnya, Meredith Kercher. Knox dan Sollecito dibebaskan pada tahun 2011.

2012 - Newark, N.J., Walikota Cory Booker, menanggapi tantangan untuk bertahan hidup dengan kupon makanan, mulai seminggu menghabiskan kurang dari $ 5 per hari untuk makanan - memposting tanda terima belanjaannya di Facebook dan Twitter. "Ini sulit," kata Booker, yang menjadi senator AS pada 2013.

2013 - Pelatih Pittsburgh Steelers Mike Tomlin didenda $ 100.000 oleh NFL karena melangkah ke lapangan dan mengganggu kembalinya pengembalian dalam kerugian 22-20 ke Baltimore Ravens pada 28 November. Tomlin mengatakan itu adalah "kesalahan yang tidak bisa dimaafkan pada saya." bagian."

2017 -  Mahkamah Agung AS mengizinkan larangan perjalanan Presiden Donald Trump untuk enam negara mayoritas Muslim untuk mengambil efek penuh di tengah tantangan hukum yang sedang berlangsung.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :