Minggu, 20/10/2019 02:58 WIB

Bankir Papan atas Jerman Mundur dari konferensi Ekonomi Riyadh

Christian Sewing, kepala eksekutif Deutsche Bank, memutuskan untuk tidak menghadiri konferensi Future Investment Initiative.

CEO Deutsche Bank Christian Sewing

Berlin – Bankir papan atas Jerman  mengundurkan diri dari konferensi ekonomi di Riyadh. Keputusan itu menyusul hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi yang dilaporkan dibunuh para intelijen Arab Saudi di Istanbul.

Christian Sewing, kepala eksekutif Deutsche Bank, memutuskan untuk tidak menghadiri konferensi Future Investment Initiative.

Ia bergabung dengan para ahli ekonomi utama dari Amerika Serikat (AS), Inggris, Perancis, dan Belanda yang membatalkan kehadirannya dalam konferensi, yang direncanakan akan dibuka oleh Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman.

Para tokoh dunia yang mengundurkan diri antara lain Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, Menteri Luar Negeri Inggris untuk Perdagangan Internasional Liam Fox, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan perawan kelompok Perawan Richard Branson.

Dijuluki "Davos in the Desert" dan dijadwalkan untuk berjalan pada 23-25 Oktober, konferensi itu  adalah upaya Salman untuk mendiversifikasi ekonomi negara berbasis minyak.

Rencana perhelatan akbar tersebut terganggu oleh mundurnya banyak tokoh-tokoh ekonomi ternama akibat hilangnya Khashoggi.

Khashoggi, seorang kolumnis dan warga negara Saudi untuk The Washington Post, terakhir terlihat sejak 2 Oktober saat memasuki Konsulat Saudi di Istanbul, dan terakhir kabarnya ia terbunuh.

Otoritas Saudi belum memberikan penjelasan menyeluruh tentang nasib Khashoggi, sementara beberapa negara - terutama Turki, AS dan Inggris - mendesak agar misteri itu diselesaikan sesegera mungkin.

 

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi Jerman




TERPOPULER :