Jum'at, 26/04/2024 17:45 WIB

Kelebihan Kopi Memicu Risiko Kesehatan, Benarkah?

Kopi dikenal baik untuk kesehatan, namun perlu diperhatikan juga jika terlalu berlebihan dapat memicu risiko kesehatan.

Ilustrasi Manfaat Kopi

Jakarta - Minum kopi memiliki dampak baik dan buruk pada kesehatan Anda. Kopi dikenal bisa meningkatkan tingkat energi Anda dan membuat Anda tetap fokus tetapi minum kopi sebelum tidur siang membuat Anda bersemangat.

Minum kopi memiliki dampak baik dan buruk pada kesehatan Anda. Kopi dikenal untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan membuat Anda tetap fokus dan meningkatkan energi.

Sepeti yang dilansir dari laman Boldsky,, manfaat kesehatan dari minuman ini selain melindungi Anda dari sirosis hati juga menurunkan risiko sejumlah penyakit seperti diabetes, Parkinson dan penyakit Alzheimer, penyakit jantung, multiple sclerosis, risiko asam urat, serta kanker kolorektal dan hati.

Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa mengonsumsi 4 atau lebih cangkir alat bantu minum kopi dalam memerangi depresi.

Namun perlu diperhatikan juga jika terlalu berlebihan dapat memicu berbagai risiko kesehatan seperti memicu risiko serangan jantung di khususnya orang-orang muda.

Selain itu juga berisiko menyebabkan inkontinensia sebesar 70 persen, menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan, mengurangi kesuburan pada wanita dan bahkan menyebabkan kematian (jika Anda memiliki sensitivitas kafein).

Lalu, apakah minum kopi sebelum tidur siang bisa bantu meningkatkan energi Anda?

Minum kopi mempengaruhi zat kimia yang disebut adenosine yang berperan dalam mendorong tidur. Kopi berperan dalam membuat Anda merasa kurang mengantuk karena tidak membiarkan otak Anda menerima adenosin; bertindak sebagai antagonis reseptor adenosin.

Kopi mungkin membantu dalam meningkatkan tingkat energi Anda jika Anda memilikinya sebelum tidur siang. Saat Anda tidur, kadar adenosine mulai menipis, dan kafein yang Anda konsumsi harus bersaing dengan jumlah adenosin yang lebih sedikit untuk reseptor yang ada di otak Anda.

Tidur diyakini dapat memperkuat dampak kopi dengan meningkatkan jumlah reseptor yang ada di otak Anda, dan ini dianggap sebagai alasan di balik lonjakan tingkat energi paskatidur siang setelah minum kopi. Dampak kopi pada Anda tidak akan instan, perlu waktu lebih lama untuk dirasakan oleh tubuh Anda.

KEYWORD :

Kopi Kesehatan Energi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :