Selasa, 16/10/2018 20:56 WIB

Hubungan AS-Arab Saudi Terancam Kandas

Senator dari Partai Republik mengatakan hubungan AS-Saudi akan rusak jika Saudi terbukti membunuh seorang jurnalis yang hilang sejak pekan lalu.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Washington –  Pemerinta Amerika Serikat (AS) mendesak Arab Saudi untuk memberikan keterangan yang jujur terkai nasib wartawan  Jamal Khashoggi, yang menghilang sejak memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul,  pada Selasa (2/10).

Melalui akun Twitter miliknya, senator senior dari Partai Republik, Lindsey Graham mengatakan Riyadh harus memberikan jawaban jujur.

"Jika tuduhan itu terbukti benar, maka kesalahan oleh pemerintah Saudi itu akan menghancurkan hubungan AS-Saudi dan akan ada harga besar yang harus dibayar," kicau Graham.

Pada Senin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak Konsulat Saudi untuk membuktikan apakah Khashoggi benar-benar keluar dari gedung setelah masuk.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu, polisi Turki yang menyelidiki kasus tersebut mengatakan, 15 warga Saudi, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan memasuki konsulat di mana Khashoggi berada. 

"Nilai-nilai negara kita harus menjadi landasan kebijakan luar negeri kita saat musuh dan sekutu sama," tambah Graham.

 

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi Amerika Serikat




TERPOPULER :