Minggu, 25/10/2020 14:15 WIB

Trump Tegaskan Dukungan Amerika untuk Israel

Presiden AS menyatakan bahwa solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina adalah pilihan terbaik

Bendera kebangsaan Palestina

Yerusalem – Kesepakatan Abad Ini  (rencana perdamaian Timur Tengah, Red) Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump rencananya akan diresmikan beberapa bulan mendatang.

Rencana itu diumumkan setelah bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, di sela-sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. 

Usai pertemuan, Trump menegaskan dukungan AS untuk Israel, sekaligus menyatakan bahwa solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina adalah pilihan terbaik. 

"Setelah kami pindah ke Yerusalem (relokasi kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem), Israel juga harus melakukan sesuatu yang baik untuk Palestina," kata Trump.

Pernyataan itu berarti bahwa pemerintahan Trump mengharapkan Israel untuk memberikan konsesi bagi tuntutan-tuntutan Palestina.

"Banyak kemajuan telah dicapai, Israel dan Palestina ingin melakukan sesuatu. Kami akan mulai bergerak dengan cepat," ujar Trump.

Trump juga menekankan dukungannya terhadap hak Israel adalah demi kepentingan Israel sendiri. Sementara itu, Netanyahu, berterima kasih kepada presiden AS karena mendukung Israel dan memberlakukan kembali sanksi ke Iran.

Sekedar diketahui, Kesepakan Abad Ini merupakan rencana yang digagas oleh Gedung Putih (AS) untuk mencapai penyelesaian damai antara Israel dan Palestina. Namun kesepakan itu ditolak Palestina.

 

TAGS : Amerika Serikat Palestina Israel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :