Selasa, 23/04/2024 13:21 WIB

Otak di Balik Bom Kedutaan Iran 2013 Dibekuk

Dua serangan teroris di kedutaan Iran menewaskan dua puluh tiga orang pada 19 November 2013. Atase kebudayaan Iran di Libanon Ebrahim Ansari juga menjadi martir.

Ilustras bom keduataan Iran pada 2013 (Foto: IRNA)

Beirut - Pasukan keamanan Palestina menangkap Baha Hojir, anggota kelompok teroris `Abdullah Azzam Brigades` yang merupakan salah satu otak di balik serangan kedutaan Iran di Beirut pada 2013.

Menurut IRNA, Hojir dianggap sebagai penghubung antara dua pembom bunuh diri dan mereka yang mengatur serangan terhadap misi diplomatik Iran.

Dua serangan teroris di kedutaan Iran menewaskan 23 orang pada 19 November 2013. Atase kebudayaan Iran di Libanon Ebrahim Ansari juga menjadi martir.

Teroris pertama menyerang dirinya sendiri menggunakan bom di pintu kedutaan dan yang kedua meledakkan dirinya bersama mobilnya.

Abdullah Azzam Brigades, yang merupakan kelompok Salafi yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, dalam sebuah pernyataan mengakui bertanggung jawab atas serangan itu, mengklaim `membalas` intervensi Hezbollah Iran-Lebanon di Suriah.

Menurut beberapa pengamat, alasan utama di balik serangan itu adalah membunuh utusan Iran ke Lebanon Ghazanfar Roknabadi (2010 hingga 2014).

Roknabadi kemudian menjadi martir dalam bencana Mina 2015.

KEYWORD :

Iran Palestina teroris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :