Jum'at, 16/11/2018 05:45 WIB

Trump Sebut Presiden Mesir Pembunuh

Trump dikabarkan mengatakan kepada Dowd:

Cover buku karangan Bob Woodward (Foto: AP).

Kairo - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trumpmengejek Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi. Ia menyebutnya sebagai pembunuh bayaran, menurut wartawan investigasi Bob Woodward.

Dalam bukunya baru-baru ini dirilis, Fear: Trump in the White House, pemimpin AS membuat pernyataan setelah mengamankan pembebasan Aya Hijazi, seorang Amerika-Mesir yang ditahan oleh Kairo selama tiga tahun.

Woodward menyebut saat itu Trump sedang berbicara dengan penasihat hukum Gedung Putih pada saat itu John Dowd tentang negosiasinya dengan Sisi atas pembebasan Hijazi.

Trump dikabarkan mengatakan kepada Dowd: "Ingat siapa yang saya ajak bicara. Orang itu pembunuh. Orang ini pembunuh! Saya akanmenyelesaikannya. Ia akan membuat Anda berkeringat di telepon.

Buku itu menggambarkan pernyataan Trump merendahkan yang tampaknya berniat berpura-pura kepada Sisi - "Donald, saya khawatir tentang penyelidikan (Mueller) ini. Apakah Anda akan selalu ada disekitarku? Misalkan saya butuh bantuan, Donald?"

Menurut Woodward, Trump menyebut komentar Sisi, yang tampaknya merujuk pada investigasi Robert Mueller ke dalam dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016, sebuah "tendang kesal".

Hijazi dibebaskan dari penjara pada April 2017, setelah hampir tiga tahun dipenjara atas tuduhan perdagangan manusia, yang secara luas disebut sebagai kabar palsu oleh kelompok hak asasi manusia.

Beberapa minggu sebelumnya, Trump telah mengundang Sisi ke Gedung Putih, sesuatu yang belum pernah dilakukan mantan presiden Barack Obama, dan menggambarkannya sebagai "pria yang fantastis".

Kurang dari setahun kemudian, saat Sisi memenangkan pemilihan Mesir dengan 97 persen suara, Trump menyatakan "selamat dengan tulus" kepada Sisi dalam panggilan telepon. (Al Jazeera)

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Mesir Bob Woodward




TERPOPULER :