Rabu, 26/09/2018 13:42 WIB

PBB Bahas Kondisi Idlib dan KTT Teheran

Pekan lalu, PBB memperingatkan, bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

New York - Dewan Keamanan PBB (DK PBB) akan membahas perkembangan di Idlib, Suriah, serta pertemuan puncak pekan lalu di Teheran antara presiden Turki, Rusia dan Iran pada Selasa.

Rezim Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran di daerah itu, yang telah lama dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata.

Pekan lalu, PBB memperingatkan, bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21.

KTT trilateral antara presiden Turki, Rusia dan Iran ini menggarisbawahi bahwa tidak akan ada solusi militer untuk konflik Suriah dan menyerukan untuk mempercepat proses politik untuk mencapai solusi yang telah dirundingkan.

DK PBB adalah badan eksekutif Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mampu memberikan resolusi yang mengikat secara hukum pada isu-isu internasional yang relevan dengan perdamaian dan keamanan internasional.

Sebelumnya Rusia meminta dilakukan pertemuan dewan beranggotakan 15 orang itu, yang akan diadakan pada pukul 11 pagi waktu setempat, kata sumber diplomatik PBB, Senin. (aa)

TAGS : DK PBB Idlib KTT Teheran




TERPOPULER :