Jum'at, 16/11/2018 10:32 WIB

Bertolak ke Paris, Trump Batalkan Parade Militer

Menurut keterangan Gedung Putih, pembatalan tersebut berujung pada penundaan peringatan pawai militer menjadi tahun depan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana parade militer, yang sedianya digelar pada 10 November mendatang sebagai perayaan Hari Veteran, dengan alasan akan bertolak ke Paris.

Menurut keterangan Gedung Putih, pembatalan tersebut berujung pada penundaan peringatan pawai militer menjadi tahun depan.

Dilansir dari Reuters, tahun lalu Presiden Trump meminta penyelenggaraan pawai militer, sebagai bentuk penghormatan kepada militer AS, sekaligus memperingati hari ulang tahun ke-100 akhir Perang Dunia I.

Namun pada Kamis (Jumat waktu setempat), Pentangon membatalkan acara itu. Selain agenda Trump ke Paris, konon yang diberatkan ialah biaya pawai lebih dari US$90 juta, tiga kali lipat dari perkiraan Gedung Putih.

“Pejabat lokal Washington mencoba mencari rejeki nomplok dengan harga yang sangat tinggi,” tulis Trump di Twitter.

Sementara kritikus juga melayangkan keberatan atas rencana pawai militer, yang dinilai boros anggaran, di tengah konflik luar negeri AS. Washington diimbau menstabilkan militer yang terlalu meluas.

TAGS : Amerika Serikat Rusia Donald Trump




TERPOPULER :