Rabu, 19/09/2018 04:01 WIB

Tarif AS di Turki Disebut Melanggar Aturan WTO

Parlemen Eropa menyatakan keputusan AS menaikkan tarif bertentangan dengan aturan perdagangan Organisasi Perdagangan Dunia

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Kevin Lamarque/ Reuters)

Brussels - Forum Turki di Parlemen Eropa menyatakan bahwa keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait penambahan tarif pada produk baja dan alumunium Turki bertentangan dengan aturan perdagangan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Parlemen Eropa menyatakan secara tertulis melalui forum yang terdiri dari 60 anggota bahwa pihaknya mengikuti ketegangan diplomatik antara AS dan Turki dengan penuh cemas.

"Uni Eropa menilai keputusan penambahan pajak terhadap Turki oleh AS dengan dalih keamanan nasional AS, adalah ilegal dan berlawanan dengan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)," ungkap Parlemen Eropa.

Uni Eropa mengungkapkan, destabilisasi perekonomian Turki tidak akan memenuhi kepentingan siapapun.

"Kepentingan kami adalah kesejahteraan dan kestabilan ekonomi bagi salah satu mitra dagang terbesar Uni Eropa, yakni Turki yang demokratis,” ujar pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menekankan bahwa dua sekutu NATO, Turki dan AS, perlu menggunakan upaya diplomatik yang konstruktif untuk memecahkan masalah yang ada. (aa)

TAGS : Turki Amerika Serikat Donald Trump




TERPOPULER :