Jum'at, 16/11/2018 04:49 WIB

Facebook Luncurkan Alat Pengatur Waktu Online

Beberapa kritikus mengatakan alat batas waktu yang baru tidak cukup untuk mengatasi masalah keamanan anak.

Facebook Inc

Jakarta - Facebook mengumumkan alat baru pada hari Rabu yang dirancang untuk membantu pengguna mengatur waktu online mereka, di tengah kekhawatiran para ahli kesehatan mental tentang potensi penggunaan yang berlebihan.

Alat-alat baru untuk Facebook dan Instagram termasuk pengingat harian yang memberi pengguna peringatan ketika mereka telah mencapai jumlah waktu yang ditentukan, dan pengaturan pengingat untuk menghentikan pemberitahuan bila tidak diperlukan.

Alat-alat baru dapat diakses di halaman pengaturan Instagram di bawah melalui "Aktivitas Anda," atau Facebook, di bawah "Waktu Anda di Facebook," pernyataan bersama dari Direktur Manajemen Produk Instagram Ameet Ranadive dan Direktur Riset Facebook David Ginsberg.

"Kami mengembangkan alat-alat ini berdasarkan kolaborasi dan inspirasi dari para ahli dan organisasi kesehatan mental terkemuka, akademisi, penelitian ekstensif kami dan umpan balik dari komunitas kami," kata pernyataan itu.

"Kami ingin waktu yang dihabiskan orang di Facebook dan Instagram menjadi disengaja, positif dan menginspirasi," lanjutnya.

"Harapan kami adalah bahwa alat ini memberi orang kontrol lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di platform kami dan juga mendorong percakapan antara orang tua dan remaja tentang kebiasaan online yang tepat untuk mereka."

CEO Mark Zuckerberg mengumumkan pada bulan Januari salah satu fokus utama Facebook tahun ini adalah memastikan waktu yang kita habiskan di Facebook menghabiskan waktu dengan baik.

Google dan Apple, dua pesaing utama Facebook dan Instagram, juga memiliki fitur untuk membatasi waktu layar.

Beberapa kritikus mengatakan alat batas waktu yang baru tidak cukup untuk mengatasi masalah keamanan anak.

"Facebook dan Instagram menyatakan bahwa mereka ingin memastikan platform mereka aman tetapi untuk melakukannya mereka perlu mengatasi masalah serius dalam situs mereka," Laura Randall, kepala asosiasi keamanan anak online untuk Masyarakat Nasional Inggris untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Anak-anak, mengatakan .

"Batas waktu tidak membahas fakta bahwa masih belum ada standar keamanan anak yang konsisten."

TAGS : Facebook Media Sosial




TERPOPULER :