Senin, 19/11/2018 13:02 WIB

Jerman Bersedia Tampung Lebih Banyak Pengungsi

Walikota Bonn, Cologne, dan Dusseldorf bertekad untuk menerima lebih banyak pengungsi dan menyerukan misi penyelamatan di Laut Tengah.

Ilustrasi migran (Foto: UPI)

Berlin - Tiga kota besar Jerman memberi karpet merah lebih banyak pengungsi, dan mendesak otoritas Eropa untuk melanjutkan misi penyelamatan di Laut Tengah.

Melalui surat terbuka kepada Kanselir Angela Merkel, para walikota Bonn, Cologne, dan Dusseldorf menawarkan untuk memberi perlindungan kepada beberapa pengungsi yang diselamatkan dari operasi penyelamatan laut.

"Kami ingin menunjukkan dukungan kemanusiaan, bagi hak pencari suaka dan integrasi pengungsi," kata walikota pada Jumat (27/8) kemarin.

Tujuan langkah ini adalah untuk meyakinkan pemerintah sayap kanan baru Italia untuk terus mengizinkan kapal penyelamat berlabuh di pelabuhannya.

Bulan lalu, Roma mengecam mitra-mitra Uni Eropa (UE)  karena tidak menunjukkan solidaritas dalam krisis migran dan menolak beberapa kapal penyelamat migran untuk berlabuh.

Pekan ini, Roma memberikan batas waktu lima minggu kepada UE untuk mencapai kesepakatan dalam mendistribusikan para migran di antara negara-negara anggota, dan mengizinkan kapal-kapal penyelamat untuk berlabuh di pelabuhan-pelabuhannya selama periode ini.

Menurut PBB, lebih dari 1.400 orang tewas selama paruh pertama tahun ini ketika mencoba menyeberang ke Eropa. (aa)

TAGS : Jerman Eropa migran




TERPOPULER :