Selasa, 13/11/2018 05:03 WIB

Republik Desak Trump Jatuhi Sanksi Tambahan untuk Rusia

Sanksi tambahan perlu diberikan sebelum Trump dan Pemimpin Rusia Valdimir Putin melakukan pertemun kedua.

Presiden AS Donald Trump berbicara saat upacara penanaman pohon dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron di South Lawn Gedung Putih di Washington (23/4). (Foto: Reuters)

Washington – Sepasang senator terkemuka Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mendesak Presiden Donald Trump menjatuhkan sanksi untuk Rusia, guna memastikan pemilu AS selanjutnya berjalan lancar.

Senator Lindsey Graham mengatakan, sanksi tambahan perlu diberikan sebelum Trump dan Pemimpin Rusia Valdimir Putin melakukan pertemun kedua.

Dia mengkritik Trump yang gagal menekan Putin untuk mengakui keterlibatan Moskow dalam pemilihan presiden 2016 silam, ketika kedua pemimpin itu bertemu di Helsinki, Finlandia pekan lalu.

“Anda perlu bekerja sama dengan Kongres untuk menghasilkan sanksi baru, karena Putin tidak sepenuhnya paham,” kata Graham kepada CBS, pada Minggu (22/7) waktu setempat.

“Kami membutuhkan sanksi baru, sanksi berat, agar bisa digantung di atas kepalanya (Putin),” tegasnya.

Senada dengan Graham, Ketua Republik dari Dewan Pengawas dan Komite Reformasi Pemerintah, Trey Gowdy mempertanyakan keputusan Trump mengundang Putin ke Gedung Putih pada November nanti.

“Seharusnya (undangan) itu untuk Inggris, Kanada, dan Australia yang sudah bersama kami hari demi hari,” terang Gowdy dilansir dari Reuters.

TAGS : Amerika Serikat Rusia Donald Trump Vladimir Putin




TERPOPULER :