Minggu, 17/11/2019 19:52 WIB

Paspor Singapura Paling "Sakti" di Dunia

Paspor negara berlambang patung Merlion ini bisa digunakan ke hampir seluruh negara di dunia.

Paspor Singapura (Foto: google)

Singapura – Jika Anda ingin bepergian ke mana pun, sebaiknya mendaftar dulu sebagai warga negara Singapura. Pasalnya, paspor negara berlambang patung Merlion ini bisa digunakan ke hampir seluruh negara di dunia.

Seperti laporan Henley Passport Index terbaru, Singapura menduduki tempat pertama sebagai negara pemegang paspor terkuat awal tahun ini. Di tempat yang sama juga dihuni oleh Jepang.

Dilansir dari Asian Correspondent, paspor Jepang dan Singapura memberikan akses ke 189 negara, baik untuk bebas visa maupun visa kedatangan.

Salah satu negara yang memberikan bebas visa untuk Singapura yakni Uzbekistan, yang baru mengembangkan infrastruktur pariwisatanya dua tahun lalu, ketika Presiden Shavkat Mirziyoyev mengambil alih kepemimpinan sebelumnya Islam Karimov.

Paspor Jepang dan Singapura juga memungkinkan wisatawan tinggal bebas visa selama 30 hari di Uzbekistan, bersaama pemegang paspor dari Israel, Korea Selatan, Tajikistan, Turki, Malaysia, dan Indonesia.

Peringkat terbaru ini menjadi sejarah dalam 13 tahun terakhir, karena untuk pertama kalinya posisi teratas dihuni oleh Jepang dan Singapura. Sebelumnya Jerman memegang gelar tersebut sejak 2013, namun sekarang berada di tempat kedua dengan akses bebas visa hanya ke 188 negara.

Sementara di tempat ketiga dihuni oleh Korea Selatan bersama anggota Uni Eropa, yakni Finlandia, Italia, Spanyol, Denmark, Prancis, Portugal, Austria, Luksemburg, dan Belanda. Adapun negara di luar UE antara lain Norwegia, Inggris, dan Amerika Serikat.

“The Henley Passport Index memungkinkan individu menilai di mana mereka berada pada spektrum mobilitas global, dan membantu pemerintah memahami nilai relatif dan kekuatan paspor yang mereka berikan,” ujar Henley & Partners Group Chairman Dr Christian H Kalin.

“Ini merupakan pintu gerbang ke peluang internasional atau penghalang bagi peluang yang sama,” imbuhnya.

TAGS : Visa Travelling Wisata Paspor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :