Kamis, 18/04/2024 17:33 WIB

Waspada Unggah Foto Hari Pertama Sekolah

Ada yang harus Anda diperhatikan sebelum memutuskan mengirim foto anak di media sosial.

Berikut beberapa ciri orangtua milenial, Apakah Anda salah satunya? (Foto: ilustrasi)

akarta - Besok Senin (16/7) kebanyakan sekolah sudah memulai hari pertama. Para orang tua pasti sudah semangat mengantarkan anak ke sekolah, menunggu hari pertama masuk sekolah, menyapa guru dan kepala sekolah. Bagi para orang tua yang bekerja sudah mengambil cuti khusus untuk hari yang mendebarkan ini.

Pada momen bahagia seperti ini, biasanya kita juga bersemangat menyebarkan foto-oto seru bersama anak ke media sosial. Tapi ingat, ada yang harus diperhatikan sebelum memutuskan mengirim foto anak di media sosial.

Banyak risiko yang bisa dihadapi anak, mulai dari kejahatan faedofilia (predator anak), perundungan (bullying), penculikan identitas, perampokan, penculikan dan lainnya.

Berikut yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk memasang foto anak di akun media sosial, Seperti yang dikutip dari akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI:

1. Jangan memasang identitas lengkap anak, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dll.

2. Hati-hati, pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan pasang foto anak.

3. Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis pivasi dan peredaran foto.

4.Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia mendapatkan pelecehan, penghinaan, dan perundungan.

5. Pikirkan dari sisi anak, apakah ia akan senang foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih.

6. Jangan masang foto anak lain tanpa seizin orang tuanya.

7. Ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati saat memasang foto anak.

KEYWORD :

Sekolah Foto Anak Media Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :