Sabtu, 24/10/2020 15:47 WIB

Kemendes Apresiasi Dana Desa di Kabupaten Gianyar

Percepatan penyaluran dana desa diharapkan bisa menjadikan desa semakin mandiri dan berdaya ekonomi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo (Foto: Ecka Pramita)

Gianyar - Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) hari ini, Jumat (6/7) mengadakan kunjungan ke Kabupaten Gianyar, Bali. Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menyampaikan capaian pembangunan desa sejak dana desa digulirkan pada 2015 lalu mengalami peningkatan yang signifikan.

Capaian tersebut pun tidak hanya dari aspek pembangunan fisik. Oleh karena itu, sejak tahun 2015 hingga saat ini alokasi dana desa terus ditingkatkan karena dana desa ini mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di desa.

"Apalagi, serapan anggarannya terus meningkat setiap tahun sesuai kebutuhan masing-masing desa," katanya di Balai Desa Singakerta, Gianyar, Bali.

Menurut Menteri Eko, Bali termasuk kabupaten dan kota yang berhasil pembangunan. "Saya senang sekali dana desa sudah tersalurkan dengan baik di tahap pertama dan kedua 100/persen, saat yang lain belum semua tersalurkan," ungkapnya

Menteri Eko yakin pembangunan infrastuktur di Kabupaten Gianyar sudah cukup, tapi lebih difokuskan ke ekonomi desa dan peningkatkannya, agar pertumbuhan bisa merata di desa-desa lainnya.

"Dana desa bisa dipakai untuk hal di atas menjadi stimulus untuk ekonomi desa. Menjaga kelangsungan hidup, bikin desa wisata yang menarik dengan acara event rutin festival yang menarik perhatian pengunjung," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Gianyar I Ketut Rochineng menilai ika dana desa memilik peran strategis melalui pemerataan ekonomi. Bersumber dari APBN yang penggunaannya untuk program satu desa satu produk unggulan menjadi prioritas.

"Adapun dana desa kami alokasikan untuk tenaga kerja, bahan baku dan swa kelola masyarakat, program padat karya tunai, dan perluasan lapangan pekerjaan," ucap Ketut.

Sebagai informasi, pada tahun ini sebesar 51.9 Milyar untuk 64 desa, dari total 38,5 Milyar telah disalurkan sebanyak 31 Milyar lebih, 1,5 M lebih di desa Singakerta, dan 980 juta untuk pengelolaan program padat karya tunai.

TAGS : Info Kemendes Dana Desa Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :