Kamis, 19/07/2018 20:46 WIB

Israel Sewakan Drone Tercanggih ke Jerman

Drone kelas Heron yang diproduksi oleh IAI dapat digunakan untuk misi pengintaian maupun perang

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Yerusalem - Anggota parlemen Jerman telah menyetujui kesepakatan senilai USD1 miliar dengan Israel untuk "penyewaan" drone yang diproduksi oleh Israel Aerospace Industries (IAI).

"Ini merupakan kontribusi besar bagi industri keamanan dan ekonomi Israel," kata kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu lewat sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis malam.

Dalam pernyataan tersebut, kesepakatan itu digambarkan sebagai "kemitraan strategis antara Jerman dan Israel" yang "membuktikan potensi industri Israel untuk berkontribusi ke negara-negara seperti Jerman".

Menurut media Israel, Jerman akan menyewa drone kelas Heron - untuk jangka waktu yang tak tentu - dengan imbalan sekitar USD720 juta.

Sebanyak USD180 juta lainnya akan disalurkan langsung ke pemerintah Israel untuk membiayai infrastruktur Angkatan Udara Israel.

The Jerusalem Post menyebutkan bahwa drone kelas Heron adalah drone buatan IAI yang paling mutakhir, yang mampu bertahan di udara selama 40 jam dan mengangkut muatan maksimum hingga sekitar 1.000 kilogram.

Drone canggih tersebut juga dapat dilengkapi dengan rudal udara ke darat, yang dapat digunakan baik untuk misi pengintaian maupun perang. (AA)

TAGS : Pesawat Drone Israel Jerman




TERPOPULER :