Sabtu, 20/04/2024 01:08 WIB

12 Tahun Dicuri, Tulisan Christopher Columbus Kembali ke Spanyol

HSI melakukan penyelidikan bersama selama tujuh tahun dengan Kantor Pengacara AS di Delaware setelah menerima tip bahwa beberapa salinan cetak Surat Columbus yang dicetak secara manual

Tulisan Columbus

Jakarta - Agen Amerika Serikat mengembalikan surat yang dicuri yang ditulis oleh Christopher Columbus pada 1493 ke Spanyol, pada Kamis (06/06).

Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai AS dan Departemen Kehakiman mengembalikan surat itu, merinci temuan Columbus di Amerika, setelah dicuri dari National Library of Catalonia di Barcelona dan kemudian dijual seharga sekitar $ 1 juta.

"Saya senang dapat mengembalikan properti budaya yang tak ternilai kepada pemiliknya yang sah," kata Alysa D. Erichs, yang bertindak sebagai wakil direktur eksekutif eksekutif Investigasi Keamanan Dalam Negeri.

HSI melakukan penyelidikan bersama selama tujuh tahun dengan Kantor Pengacara AS di Delaware setelah menerima tip bahwa beberapa salinan cetak Surat Columbus yang dicetak secara manual dari abad ke-15 dicuri dari perpustakaan Eropa dan diganti dengan pemalsuan.

Penyelidikan menetapkan bahwa salinan Surat Perpustakaan Nasional Catalonia dicuri dan dijual pada November 2005 seharga 600.000 euro oleh dua dealer buku Italia.

Pada Maret 2013, para penyelidik mengetahui bahwa itu telah dijual lagi pada Juni 2011 dan Kantor Pengacara AS untuk Distrik Delaware bernegosiasi dengan individu yang memiliki surat itu untuk secara sukarela mentransfernya ke agen khusus HSI.

Para ahli memeriksa surat itu pada Maret 2014 dan menentukan "tanpa keraguan" itu adalah salinan yang sama yang telah dicuri dari Perpustakaan Nasional Catalonia.

"Kerja sama antara Penyelidik Keamanan Dalam Negeri dan unit khusus dari Sipil Guardia telah menghasilkan buah besar dalam memastikan kembalinya properti budaya yang dicuri ke Spanyol," kata Duta Besar Spanyol untuk Amerika Serikat Pedro Morenés.

Ini adalah surat Columbus yang dicuri kedua ICE telah dapat kembali, dengan yang pertama dikembalikan pada Mei 2016.

KEYWORD :

Cristopher Columbus Spanyol Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :