Kamis, 25/04/2024 10:42 WIB

Tiga Pejabat Militer Korut Dipecat

Pemecatan tersebut dilakukan selang delapan hari jelang pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama pejabat militer

Washington - Tiga pejabat militer Korea Utara telah dihapus dari jabatan mereka, demikian laporan seorang pejabat senior Amerika Serikat pada Senin (4/6).

Pemecatan tersebut dilakukan selang delapan hari jelang pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un, di Singapura pada 12 Juni nanti.

Pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan, laporan tersebut dia dapati dari Kantor Berita Yonhap Korea Selatan, yang memberitakan bahwa tiga pejabat militer Korut diyakini telah diganti.

Dilansir dari Reuters, pejabat itu tidak merinci nama ketiga militer yang dipecat. Namun berdasarkan rilis Yonhap, ketiganya ialah Kepala Pertahanan Pak Yong-sik, Kepala Staf Umum Tentara Rakyat Korea (KPA) Ri Myong-sun, dan Direktur Biro Politik Umum KPA Kim Jong-gak.

Sebelumnya, Trump pada Jumat (1/6) lalu kembali membuka peluang pertemuan dengan Kim, setelah memutuskan untuk menunda sebelumnya. AS masih berupaya mencari jalan keluar untuk denuklirisasi Korut.

Denuklirisasi dalam pandangan AS yakni Korut menyingkirkan seluruh persenjataan nuklirnya, dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi.

KEYWORD :

Amerika Serikat Korea Utara Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :