Rabu, 20/01/2021 10:13 WIB

Israel Mulai Bangun Dinding di Sepanjang Perbatasan Gaza

Kemenhan memerintahkan pembangunan penghalang setelah perang Gaza 2014 dan setelah menemukan bahwa pejuang Hamas telah berhasil memasuki Israel melalui laut.

Kapal angkatan laut Israel membuat suli nelayan Gaza untuk memancing di luar titik tertentu (Foto: EPA-EFE/Mohammed Saber)

Gaza - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Israel, Avigdor Lieberman mengatakan, Isreal mulai membangung penghalang lautan untuk mencegah warga Palestina di Gaza masuk ke wilayahnya.

Penghalang itu, yang terdiri dari pemecah gelombang yang dibentengi dengan kawat berduri, sedang dibangun beberapa kilometer di utara Gaza dan akan selesai pada akhir tahun ini.

"Ini adalah satu-satunya penghalang dari jenisnya di dunia, yang secara efektif akan memblokir kemungkinan menyusup ke Israel melalui laut," kata Avigdor Lieberman pada Minggu (27/5) kemarin.

"Ini semakin meruntuhkan Hamas, yang akan kehilangan kemampuan strategis lainnya setelah menginvestasikan jumlah besar dalam perkembangannya," sambungnya.

Menurut media Israel, Kemenhan memerintahkan pembangunan penghalang setelah perang Gaza 2014 dan setelah menemukan bahwa pejuang Hamas telah berhasil memasuki Israel melalui laut.

Wilayah kantong pantai telah menjadi subyek blokade yang diberlakukan oleh Israel dan, pada tingkat yang lebih rendah, Mesir sejak 2007 ketika Hamas menguasai wilayah tersebut.

Kapal angkatan laut Israel telah membuat sulit bagi nelayan Gaza untuk memancing di luar titik tertentu, biasanya ditetapkan pada enam mil laut atau sekitar 11km dan telah menembaki kapal-kapal Palestina di masa lalu.

TAGS : Israel Palestina Gaza




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :