Sabtu, 20/04/2024 10:04 WIB

Gedung Bersejarah di Bosphorus Hancur Ditabrak Kapal Tanker

Gedung Hekimbasi Salih Efendi berdiri di tepi pantai selat Bosphorus sejak abad ke-18 dan digunakan untuk pernikahan dan pergelaran musik.

Gedung Hekimbasi Salih Efendi rusak berat ditabrak kapal tanker di Istanbul, Turki, Sabtu (07/04). (Foto: Twitter/@emrullahclk).

Istanbul - Kapal tanker menabrak rumah bersejarah di pantai Bosphorus, Istanbul, pada Sabtu setelah perangkat kemudinya terkunci. Akibatnya, lalu lintas kedua arah di selat itu dihentikan sementara.

Kapal penjaga pantai kemudian dikirim ke daerah itu dan kapal tanker "Vitaspirit", yang berbendera Malta itu ditarik dan dibawa ke pinggir pantai, demikian laporan TV CNN. 

Tidak ada laporan tentang korban, tapi rekaman kecelakaan itu menunjukkan gedung bersejarah itu rusak parah.

Gedung Hekimbasi Salih Efendi berdiri di tepi pantai selat Bosphorus sejak abad ke-18 dan digunakan untuk menyelenggarakan pernikahan dan pergelaran music.

Bosphorus adalah salah satu selat terpenting di dunia untuk pengangkutan minyak, dengan lebih dari tiga persen pasokan dunia -terutama dari Rusia dan laut Kaspia- melalui jalur air sepanjang 17 mil itu, yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah.

Selat itu juga digunakan oleh kapal pembawa biji-bijian dari Rusia dan Kazakstan ke pasar dunia.

Bosporus adalah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia. Ia menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisarı dan Rumelihisarı. Kedalamannya bervariasi antara 36 sampai 124 meter.

Tepian selat ini berpenduduk padat, salah satu kotanya adalah Istanbul.

   

KEYWORD :

Istambul Hekimbasi Salih Efendi Gedung Bersejarah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :