Kamis, 18/04/2024 13:12 WIB

Cak Imin Sebut Akses Ekonomi Umat Masih Terbatas

Mayoritas warga negara Indonesia merupakan pemeluk Islam. Akan tetapi hingga saat ini, ekonomi umat Islam seolah jalan di tempat.

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar gelar Sholawat Anti Narkoba bersama artis, di Masjid Baiturrahman, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/3).

Jakarta – Ada dua hal yang menjadi sorotan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar, menyikapi persoalan bangsa saat ini. Pertama tentang ekonomi umat. Dan kedua, soal kualitas sumber daya manusia.

Menurut Muhaimin alias Cak Imin, mayoritas warga negara Indonesia merupakan pemeluk Islam. Akan tetapi hingga saat ini, ekonomi umat Islam seolah jalan di tempat.

“Umat Islam merupakan mayoritas di negara ini, tapi akses ekonominya terbatas,” kata Cak Imin usai menghadiri deklarasi Forum Silaturrahmi Kiai Jakarta-Depok, di Pondok Pesantren Almanar Azhari, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (22/3).

Padahal, kata Cak Imin, ekonomi umat merupakan salah satu kunci untuk mencegah berbagai konflik horizontal. Di antaranya maraknya fenomena sara.

“Tanpa mengurangi kekhawatiran kita terhadap ancaman konflik sara, yang harus diatasi dengan cepat ialah faktor ekonominya dulu. Kalau ekonominya beres, maka ancaman-ancaman itu tidak akan terjadi,” terang politisi berjuluk Panglima Santri itu.

Kemudian terkait kualitas SDM di Indonesia, Cak Imin menilai faktor utama macetnya Revolusi Mental ala Presiden Joko Widodo disebabkan oleh rendahnya spiritualitas bangsa.

“Kenapa Revolusi Mental yang menjadi visi Jokowi kurang berjalan ? Karena Revolusi Mental terkait erat dengan spiritualitas bangsa, dan yang mampu menggerakkan spiritualitas hanya orang NU,” tegas Cak Imin.

KEYWORD :

PKB Pemilu 2019 Cak Imin Ulama Kiai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :