Selasa, 20/10/2020 04:16 WIB

Militer Israel Hanguskan Terowongan Buatan Hamas

Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa penyerangan tersebut dilakukan pada Sabtu melalui koordinasi yang dilakukan dengan Mesir.

Fawzi al-Juneidi (16 tahun) ditahan di Hebron pada Kamis setelah diseret dengan wajah babak belur oleh belasan tentara Israel (Anadolu).

Jakarta - Pasukan Pertahanan Israel pada Minggu (14/01) mengatakan angkatan udara menghancurkan terowongan sepanjang satu mil yang dibangun oleh Hamas di bawah Gaza, Israel dan Mesir.

Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa penyerangan tersebut dilakukan pada Sabtu melalui koordinasi yang dilakukan dengan Mesir.

Dilansir UPI, Jaringan Berita Palestina menyebutkan bahwa tidak ada yang terluka dalam penyerangan tersebut.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), penghancuran tersebut dilakukan lantaran dianggap telah melanggar kedaulatan Israel dan mengancam warganya.

"Ini adalah pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Israel, membahayakan warga Israel dan menyabotase upaya kemanusiaan yang Israel buat untuk warga Gaza," sebuah pernyataan IDF.

Israel mengatakan terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan senjata dan militan dari Mesir ke Jalur Gaza untuk menyerang penyeberangan Kerem Shalom. IDF juga menutup persimpangan jalur tersebut.

"Organisasi teroris Hamas bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi di dalam dan di luar Jalur Gaza," kata IDF.

Cornricus mengatakan bahwa jika terowongan itu hanya untuk menyelundupkan barang-barang yang tidak berbahaya, maka tidak perlu untuk pergi ke bawah Kerem Shalom.

Ini adalah terowongan ketiga yang masuk ke Gaza Israel telah hancur dalam dua bulan.

TAGS : Israel Gaza Hamas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :