Selasa, 17/07/2018 18:54 WIB

Serangan Bunuh Diri di Mesjid Nigeria, 58 Orang Tewas

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari mengutuk pemboman bunuh diri itu, dan menggambarkannya sebagai

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari + Mubi

Abuja- Serangan bunuh diri dalam masjid yang dilakukan oleh seorang remaja di Kota Mubi yang beraa di bagian timur Nigeria, pada Selasa (21/11), menewaskan 58 orang.

Data itu disampaikan pejabat kesehatan setempat, Ezra Sakawa  Dirketur Utama Medis Mubi General Hospital. Katanya, rumah sakit itu menerima 48 korban, delapan di antara mereka tewas saat diberi perawatan.

Polisi lokal menyebutkan jumlah korban jiwa 50 pada Selasa, dan mengatakan serangan saat fajar tersebut dilakukan oleh seorang remaja laki-laki yang tak dikenal terhadap masjid di pinggiran Kota Mubi di Negara Bagian Adamawa di Nigeria Utara.

Remaja tersangka pelaku serangan itu meledakkan bom segera setelah oleh menunaikan Shalat Subuh di dalam masjid setempat tersebut.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengutuk pemboman bunuh diri itu, dan menggambarkannya sebagai "sangat kejam dan pengecut".

Sejauh ini tak ada kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas ledakan bom bunuh diri itu, Namun banyak yang menyasar, aksi dilakukan kelompok teror Boko Haram.

Pada Oktober 2014, Mubi direbut dan dikuasai oleh petempur Boko Haram. Kurang dari sebulan kemudian, pasukan pemerintah menaklukkan gerilyawan Boko Haram di kota kecil tersebut dan merebut kembali Mubi dari cengkeraman mereka. , Nigeria, 23/11 (Antara/Xinhua-OANA)

Serangan pada Selasa pagi itu adalah yang pertama di kota kecil tersebut sejak Mubi direbut kembali dari Boko Haram tiga tahun lalu. Kelompok gerilyawan garis keras Boko Haram telah disalahkan atas kematian lebih dari 20.000 orang dan pengungsian 2,3 juta orang lagi dari Nigeria sejak 2009. (Xinhua/ant)

TAGS : Teroris Boko Haram Nigeria




TERPOPULER :