Jum'at, 19/04/2024 08:44 WIB

Kunjugan ke Asia, Trump Tawari Jepang Peralatan Militer Canggih

Trump menekan agar Jepang untuk menurunkan defisit perdagangannya dengan Amerika Serikat dan membeli lebih banyak perangkat keras militer Amerika Serikat.

Presiden Amerika, Donald Trump (Foto: AFP / Saul Loeb)

Tokyo - Presiden Donald Trump mengatakan, pemerintah Jepang mampu menembak rudal Korea Utara keluar dari langit jika membeli persenjataan Amerika Serikat, Senin (6/11) waktu setempat

Trump menekan agar Jepang menurunkan defisit perdagangannya dengan Amerika Serikat dan membeli lebih banyak perangkat keras militer Amerika Serikat

"Dia (Shinzō Abe) akan menembak mereka keluar dari langit setelah membeli lebih banyak peralatan militer tambahan dari Amerika Serikat," kata Trump, mengacu pada rudal Korea Utara, dilansir Reuters, Selasa (7/11)

"Perdana menteri akan membeli sejumlah besar peralatan militer, seperti seharusnya. Sebab kami membuat peralatan militer terbaik sejauh ini," tambahnya.

Sebelumnya Trump mengatakan, Jepang adalah negara samurai dan seharusnya telah menembak jatuh rudal Korea Utara. "Kebijakan Jepang adalah menembak jatuh rudal Pyonyang, jika melintas di wilayah Jepang, atau menimbulkan ancaman eksistensial terhadap wilayahnya," kata Trump

Pemimpin Gedung Putih itu juga berkomitmen untuk mencapai perdagangan bebas, adil, dan timbal balik. Ia ingin bekerja sama dengan Jepang dalam situasi di wilayah tesebut.

"Amerika juga berkomitmen untuk memperbaiki hubungan ekonomi kita dengan Jepang. Sebagai presiden, saya berkomitmen untuk mencapai hubungan perdagangan yang adil, bebas, dan timbal balik. Kami mencari akses yang sama dan andal untuk ekspor Amerika ke pasar Jepang untuk menghilangkan ketidakseimbangan perdagangan dan defisit perdagangan kita di Jepang," kata Trump. 

Sebelumnya, di hadapan eksekutif bisnis Jepang dan Amerika Serikat, Trump memuji Jepang karena membeli perangkat keras militer Amerika Serikat.Namun, ia mengatakan jutaan mobil dijual oleh Jepang ke Amerika Serikat, padahal hampir tidak mobil buatan Amerika Serikat ke Jepang".

Jepang memiliki surplus perdagangan USD69 miliar dengan Amerika Serikat tahun lalu, menurut Departemen Keuangan Amerika Seriakat.  Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar kedua Jepang setelah China, sementara Jepang merupakan pasar ekspor barang terbesar keempat di Amerika Serikat pada tahun 2016

KEYWORD :

Donald Trump Jepang Shinzō Abe Militer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :