Rabu, 08/07/2020 07:24 WIB

Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Membuka Kongres Pancasila

Kehadiran Jokowi dalam kegiatan kongres tahun ini merupakan kali pertama dalam sejarah, kongres Pancasila dihadiri oleh seorang presiden.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat membuka Kongres Pancasila IX di Universitas UGM, Sabtu (22/7).

Yogyakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka penyelenggaraan Kongres Pancasila IX di Gedung Senat Universitas Gadjah Mada, pada Sabtu (22/7). Tema besar yang diangkat dalam kongres kali ini adalah “Pancasila Jiwa Bangsa: Dinamika, Tantangan, dan Aktualisasi di Indonesia”.

Beberapa menteri Kabinet Bersatu hadir dalam pembukaan tersebut, di antaranya Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sultan Hamengkubuwono X, Rektor UGM Panut Mulyono, 400 peserta kongres serta tamu undangan lainnya.

Kongres Pancasila ke-9 ini tergolong unik. Rektor UGM Panut Mulyono menyampaikan kehadiran Jokowi dalam kegiatan kongres tahun ini merupakan kali pertama dalam sejarah, kongres Pancasila dihadiri oleh seorang presiden.

“Sebelumnya tidak pernah, baru kali ini dihadiri oleh presiden. Ini menandakan jiwa Pancasila tidak surut dari jiwa kita semua,” kata Panut diiringi tepuk tangan hadirin.

Menimpali hal ini Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa agar menyatukan langkah dalam mempererat persatuan melalui Pancasila. Ia mengingatkan agar Indonesia tidak bernasib seperti negara-negara Timur Tengah, yang hancur lebur karena dilanda konflik kepentingan serta diadu domba antar masyarakatnya sendiri.

“Kita sebaiknya belajar dari Afganistan. Negara itu dulu kaya akan emas, tapi sekarang hancur. Kita harus bangga punya Pancasila. Kita harus berani bersuara lantang. Saya Indonesia, Saya Pancasila. Saya Mahasiswa, Saya Pancasila,” tegas Presiden.

Kongres Pancasila merupakan momentum istimewa pasca ditetapkannya 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 Tahun 2016.

TAGS : Jokowi Pancasila Kongres Pancasila IX UGM




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :