Jum'at, 15/12/2017 07:29 WIB

Gorila Tertua Rayakan Usia ke-60

Di Kebun Binatang Columbus, Ohio, seekor gorila pertama yang lahir melalui perawatan manusia hari ini berulang tahun ke-60.

Colo, gorila tertua yang merayakan ulang tahunnya pada 22 Desember (foto: Live Science)

OHIO - 22 Desember ternyata tidak hanya dikenal sebagai peringatan Hari Ibu. Di Kebun Binatang Columbus, Ohio, seekor gorila pertama yang lahir melalui perawatan manusia hari ini berulang tahun ke-60.

Colo, nama yang diberikan kepada gorila ini. Namanya merupakan gabungan dari kata ‘Columbus’ dan ‘Ohio’. Lahir pada 22 Desember 1956, Colo sudah memecahkan rekor gorila tertua sejak 2012 silam ia berumur 56 tahun. Sementara itu, gorila pada umumnya hanya mampu bertahan hidup sekitar 30 hingga 40 tahun.

Kamis (22/12) kemarin, Colo yang memasuki dekade ketujuh menjadi lambang kesuksesan reproduksi, perawatan serta penangkaran yang dilakukan Kebun Binatang Columbus. Dikutip dari Live Science, keberhasilan ini menjadi upaya dalam melestarikan gorila di alam liar yang semakin terancam oleh kehancuran ekosistem hutan.

Dalam sebuah video yang pernah dirilis oleh Kebun Binatang Columbus 2009 silam, kelahiran Colo lebih cepat dari yang diprediksi oleh ilmuwan. Video tersebut menjelaskan Colo ditemukan masih berada di kantung ketuban saat di tinggalkan oleh induknya di kandang.

TAGS : gorila tertua 22 desember

TERKAIT




TERPOPULER :