Jum'at, 26/04/2024 17:18 WIB

Tips

Mesin Harus Ganti Oli Berkala? Ini Alasannya

Sebagai pemilik sekaligus pengguna yang baik, merawat kendaraan secara rutin atau berkala merupakan hal yang mesti dilakukan, terlebih lagi dalam hal ganti oli.

Ganti Oli Berkala / Yogi

Bekasi – Sebagai pemilik sekaligus pengguna yang baik, merawat kendaraan secara rutin atau berkala merupakan hal yang mesti dilakukan,   terlebih lagi dalam hal perawatan mesin kendaraan khususnya ganti oli atau pelumas.

Saat ini boleh dibilang hampir seluruh mesin berpenggerak baik yang ada di darat, laut, dan udara, wajib mengganti oli. Kenapa?

Tambunan, kepala mekanik bengkel mobil di kawasan Jati Bening, Bekasi, mengungkapkan pelumas merupakan salah satu unsur terpenting dari mesin. Fungsinya untuk memperlancar kerja mesin dalam menghindari gesekan antara setiap bagian mesin yang terdiri dari besi atau aluminium.

“Guna mempelancar kerja mesin dan menghindari gesekan, setiap mesin membutuhkan oli atau pelumas. Untuk itu, setiap kendaraan pastinya perlu perawatan ganti oli secara berkala,” ucapnya kepada Jurnas, baru-baru ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seiring dengan pergerakan mesin tersebut, lama-kelamaan bisa menimbulkan deposit gram-gram yang dapat merusak komponen mesin.

Penumpukan gram secara mikro itu, kata Tambunan, kadang tidak terlihat oleh kasat mata. Dalam kondisi seperti ini, biasanya oli akan berubah warna menjadi gelap dan akhirnya akan menjadi seperti ampas bagi mesin. Untuk itulah, penggantian oli secara berkala untuk kendaraan sangat diperlukan bagi kinerja mesin.

“Bila penumpukan gram ini dapat kita lihat secara jelas, maka kita akan melihat mesin bagaikan diamplas. Oleh karenanya penggantian oli mesin secara berkala akan menghindari hal tersebut,” ujar pria dua orang anak ini. [yog]

KEYWORD :

Ganti Oli Perawatan Mesin Oli Mesin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :