https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Prabowo-Gibran Resmi Ditetapkan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Gery David Sitompul | Rabu, 24/04/2024 11:39 WIB

Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih lewat Piplres 2024.

Penetapan itu dituangkan dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA-05/2024 tentang Penetapan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu Tahun 2024.

"Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilu 2024," kata Ketua KPU Hasyim Asy`ari saat membacakan berita penetapan dalam rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu 24 April 2024.

Baca juga :
Ini Total Harta Kekayaan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming memenangkan Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,6 persen suara sah nasional.

"Dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia," tambahnya.

Baca juga :
Ini Total Harta Kekayaan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Setelah penetapan tersebut, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara.

Acara ini turut dihadiri pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sementara, pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tak terlihat hadir dalam acara tersebut.

Baca juga :
4.051 Aparat Gabungan TNI-Polri Amankan Penetapan Presiden Terpilih 2024 di KPU

Prabowo-Gibran terlihat kompak mengenakan kemeja berwarna putih. Prabowo memastikan, dirinya akan bekerja keras untuk bangsa Indonesia. Ia pun mengajak para pimpinan partai politik bekerja sama membangun bangsa Indonesia ke depan.

"Selanjutnya kita akan mulai bekerja keras mempersiapkan diri, saya kira yang penting adalah sekarang kewajiban kita semua sebagai, apalagi unsur pimpinan politik, kewajibam kita adalah untuk bekerja sama. Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk bekerja sama, bekerja untuk rakyat," pungkas Prabowo.

(Gery David Sitompul)
KEYWORD :

KPU Komisi Pemilihan Umum Pilpres 2024 Presiden Terpilih Prabowo Sibianto