Sabtu, 04/05/2024 16:04 WIB

Demokrat Sebut Pelapor SBY Merupakan Tim Sukses Partai Politik

Kepentingan tersebut mencuat setelah diketahui bahwa forum itu disinyalir merupakan tim sukses partai politik

Amir Syamsuddin (Covesia)

Depok - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat Amir Syamsuddin menduga adanya kepentingan tertentu terkait pelaporan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri oleh Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi beberapa waktu lalu.

Kepentingan tersebut mencuat setelah diketahui bahwa forum itu disinyalir merupakan tim sukses partai politik.

"Mereka itu ternyata satu tim sukses partai politik tertentu. Jangan selalu kepentingan politik pribadi untuk tampil luncurkan hal- hal yang konflik baru," ungkap Amir Syamsuddin saat ditemui di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/11).

Sayangnya, Amir enggan mengungkap lebih lanjut soal tim sukses partai politik tertentu itu. Dugaan itu sendiri kian menguat lantaran Wakil Presiden yang juga Ketua Majelis Etik Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jusuf Kalla dan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) telah menyatakan bahwa Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi itu tidak ada.

"Itu kan struktur HMI sudah bantah. Alhamdulilah dari tokoh-tokoh HMI baik pak JK sudaj berikan bantahan yang jelas bahwa mereka-mereka yang atasnamakan, aku-aku jual nama daripada HMI sama sekali mereka tidak berada di struktur HMI," ujar Amir.

"Kami berterimakasih dan bersyukur dengan penjelasan itu," tandas mantan Menteri Hukum dan HAM itu.

Forum Silaturahmi Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi dengan Mustaghfirien sebagai Koordinator dan Adhel Setiawan sebagai Sekretaris sebelumnya melaporkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri terkait pidato pada 2 November 2016 yang dianggap telah memprovokasi masyarakat saat aksi unjuk rasa 4 November 2016.

Pidato SBY dikediamannya itu sendiri menyikapi aksi unjuk rasa yang mendesak proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas tuduhan penistaan agama.

Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P Tamsir menegaskan pihaknya tidak mengakui keberadaan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yang melaporkan Susilo Bambang Yudhoyono ke Bareskrim Polri pada Kamis (10/11).

Hal serupa juga disampaikan JK. Ketua Majelis Etik Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) itu juga menegaskan pihaknya tidak mengakui keberadaan forum tersebut. Pasalnya, di keluarga besar HMI, hanya ada dua organisasi yakni Pengurus Besar HMI dan KAHMI.

"Lembaga yang itu saya tidak tahu apa, karena itu tidak dikenal di lingkungan HMI," ucap Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (11/11).

KEYWORD :

Partai Demokrat Amir Syamsuddin SBY HMI Demo 411




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :