Sabtu, 04/05/2024 16:15 WIB

Respons Pimpinan DPR Soal Rencana Vaksin Covid-19 Berbayar Kimia Farma

Pimpinan DPR RI angkat bicara terkait vaksinasi Covid-19 berbayar yang dijalankan BUMN farmasi melalui kelompok usaha PT Kimia Farma Tbk.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad

Jakarta, Jurnas.com - Pimpinan DPR RI angkat bicara terkait vaksinasi Covid-19 berbayar yang dijalankan BUMN farmasi melalui kelompok usaha PT Kimia Farma Tbk.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, memang banyak pihak yang meminta agar ada vaksin secara mandiri. Misalnya para pengusaha yang ingin memvaksin karyawan-karyawannya. Namun, fasilitas vaksin gratis oleh pemerintah masih terus dilakukan.

"Vaksin mandiri ini kan bagi yang mau memilih vaksin. Ini kan vaksinnya ada macam-macam. Yang mau milih vaksin ikut fasilitas vaksin mandiri dengan vaksin yang dikehendaki. Tapi fasilitas vaksin gratis yang disiapkan pemerintah terus berjalan dan gratis," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/7).

Dasco menyatakan, vaksin mandiri membuat masyarakat bisa memilih vaksin yang dikehendaki. Ia menegaskan bahwa adanya vaksin mandiri itu tak boleh membuat program vaksin gratis terganggu.

"Waktu itu sudah diputuskan antara pemerintah dan Komisi IX DPR bahwa program ini bisa dijalankan," pungkasnya.

Untuk diketahui, pemerintah sempat akan mulai vaksin mandiri alias berbayar pada hari ini, sebelum kemudian ditunda pelaksanaannya, Senin (12/7).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan alasan pemerintah  sempat  akan memulai vaksinasi dengan nama program vaksinasi gotong royong untuk individu tersebut.

Budi mengatakan bahwa vaksin mandiri atau gotong royong merupakan opsi. Masyarakat bisa memilih apakah akan menunggu vaksin gratis dari pemerintah atau membayar melalui program vaksinasi gotong royong.

"Vaksin gotong royong di Ratas tadi juga ditegaskan bahwa vaksin gotong royong ini merupakan opsi. Jadi apakah masyarakat bisa mengambil atau tidak prinsipnya pemerintah membuka opsi yang luas bagi masyarakat yang ingin mengambil vaksin gotong royong baik melalui perusahaan maupun melalui individu," kata Menkes usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin, (12/7).

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad Vaksinasi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :