Kamis, 09/05/2024 11:00 WIB

Varian Delta dari COVID-19 Jadi Tantangan Baru

Kasus meningkat di Rusia, Australia, Israel dan di beberapa bagian Afrika, sebagian karena Delta. 

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021 [ISHARA S. KODIKARA / AFP

Paris, Jurnas.com - Varian Delta yang sangat menular menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 baru bahkan di negara-negara dengan tingkat vaksinasi tinggi dan para ahli memperingatkan bahwa kampanye inokulasi berpacu dengan waktu untuk menahannya.

Untuk saat ini pandemi masih melambat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan jumlah kasus baru terendah di seluruh dunia sejak Februari dan penurunan kematian yang dikaitkan dengan virus corona.

Tetapi kekhawatiran berkembang tentang varian yang menyebar cepat, mendorong pembatasan baru di negara-negara yang sebelumnya berhasil mengendalikan epidemi mereka.

Kasus meningkat di Rusia, Australia, Israel dan di beberapa bagian Afrika, sebagian karena Delta. Negara-negara lain takut mereka bisa menjadi yang berikutnya.

Lebih Menular

Varian Delta SARS-CoV-2 pertama kali terdeteksi di India di mana mulai beredar sekitar April. Sekarang hadir untuk berbagai tingkat di setidaknya 85 negara menurut WHO.

Di Eropa, Delta awalnya memperoleh pijakan di Inggris, di mana ia dengan cepat melampaui varian sebelumnya yang menjadi perhatian Alpha, dan sekarang terdiri dari 95 persen dari semua kasus berurutan di Inggris.

Delta diperkirakan 40 hingga 60 persen lebih menular daripada Alpha, yang lebih menular daripada jenis yang bertanggung jawab atas gelombang pertama COVID-19.

Polanya berulang di tempat lain.

Di Amerika Serikat pekan lalu, 35 persen tes positif yang diurutkan diidentifikasi sebagai varian Delta, naik dari sekitar 10 persen pada 5 Juni - angka yang mirip dengan apa yang diamati di Israel.

Pusat Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) memperkirakan Delta dapat menyebabkan 70 persen infeksi baru di UE pada awal Agustus dan 90 persen pada akhir bulan itu.

Para peneliti yang melihat data dari wilayah Paris yang lebih besar memperkirakan dalam laporan yang akan segera diterbitkan bahwa Delta bisa 50 hingga 80 persen lebih menular daripada jenis lainnya.

Kunci Vaksinasi

Ilmuwan penyakit menular terkemuka AS, Anthony Fauci menyebut varian itu sebagai "ancaman terbesar" bagi upaya pengendalian virus dan menyerukan percepatan vaksinasi, media Amerika melaporkan pada Selasa.

Sementara beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin sedikit kurang efektif terhadap Delta, mereka masih sangat efektif. Tetapi hanya setelah dosis kedua.

Data terbaru dari pemerintah Inggris menunjukkan bahwa imunisasi lengkap dapat menawarkan sekitar 96 persen perlindungan terhadap rawat inap dan 79 persen perlindungan terhadap infeksi simtomatik oleh varian Delta.

Perlindungan setelah hanya satu dosis, bagaimanapun, jauh lebih lemah - 35 persen, menurut data yang sama.

"Satu dosis tidak cukup," kata pemberitahuan kesehatan masyarakat dari ECDC, "vaksinasi penuh diperlukan untuk melindungi yang paling rentan."

Kembali ke Pembatasan

Delta sangat menular sehingga para ahli mengatakan Anda perlu menyuntik lebih dari 80 persen populasi untuk menahannya - target yang akan menantang bahkan untuk negara-negara dengan program vaksinasi yang signifikan.

Di Afrika, WHO memperkirakan bahwa hanya satu persen dari populasi yang divaksinasi lengkap - rasio terendah secara global.

Varian Delta telah dilaporkan di 14 negara Afrika, terhitung untuk sebagian besar kasus baru di Republik Demokratik Kongo dan Uganda, kata WHO, menyerukan vaksin "sprint" di seluruh benua.

Komplikasi lebih lanjut adalah bahwa Delta tampaknya sebagian besar melewati kekebalan yang mungkin diberikan oleh infeksi sebelumnya, kata Samuel Alizon, seorang ahli biologi yang berspesialisasi dalam pemodelan penyakit menular.

"Kami tidak bisa lagi mengandalkan kekebalan alami," katanya kepada AFP.

Dengan sejumlah besar orang muda yang tetap tidak divaksinasi, tindakan keras mungkin harus diterapkan kembali untuk menghentikan penyebaran, bahkan di negara-negara di mana peluncuran vaksin skala besar telah menjanjikan pembukaan kembali.

Di Eropa, ECDC memperingatkan bahwa setiap pelonggaran tindakan penahanan lebih lanjut akan berisiko lonjakan kasus baru di seluruh kelompok umur.

"Ini dapat menyebabkan peningkatan rawat inap, dan kematian, yang berpotensi mencapai tingkat yang sama pada musim gugur 2020 jika tidak ada tindakan tambahan yang diambil," tambahnya.

Beberapa negara, seperti Israel dan Australia, telah mengumumkan kembalinya pembatasan tertentu. "Tujuan kami adalah untuk mengakhirinya," kata Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, untuk mengambil seember air dan menuangkannya ke atas api ketika api masih kecil. (AFP)

KEYWORD :

Kasus COVID-19 Varian Delta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :