Selasa, 30/04/2024 00:19 WIB

Lukisan

Spekulasi Potong Kuping Van Gogh

Alasannya, Van Gogh takut kehilangan Theo sebagai orang terdekatnya.

Jakarta - Spekulasi potong kuping yang dilakukan oleh pelukis terkenal dunia asal Belanda, Van Gogh masih diperdebatkan.  Insiden potong kupingnya sendiri diabadikan dalam lukisannya berjudul "Self Potrait With Bandaged Ear and Pipe". Inilah salah satu lukisan yang jarang dipamerkan karena termasuk lukisan pribadinya.

Spekulasi potong kuping itu, oleh kurator pernah dikemukakan karena terjadi insiden debat dengan antara kakaknya, Theo dan rekannya, Paul Gauguin. Namun ada tafsir lain yang dikemukakan Marthin Bailey, penulis "The Sunflowers are Mine: The Story of Van Gogh`s Masterpiece", memiliki teori lain terkait tindakan menyakiti diri sendiri oleh Van Gogh tersebut.

Mungkin penjelasan Bailey lebih mudah dimengerti daripada tudingan penyakit mental yang diarahkan pada Van Gogh. Menurut Bailey, Van Gogh memotong telinganya setelah mengetahui bahwa kakaknya Theo akan bertunangan.

Alasannya, Van Gogh takut kehilangan Theo sebagai orang terdekatnya. Van Gogh khawatir bila kakaknya tiba-tiba bertunangan dan menikah, dia tidak akan lagi mendapatkan bantuan keuangan untuk karya-karyanya.

Teori Bailey tersebut, berdasarkan surat yang dikirim oleh Theo pada Van Gogh yang mengabarkan bahwa dirinya akan segera menikah sehari sebelum insiden pemotongan telinga itu. Meskipun surat tersebut telah hilang, Bailey meyakinkan bahwa dia mendapatkan clue dan informasi lain sebagai bukti teori tersebut.

"Ini hanya masalah menggabungkan clue," jelas Bailey dikutip dari huffingtonpost.

Katanya Bailey lagi, memang tidak memiliki bukti  suratnya namun pada surat yang dikirimkan Van Gogh pada bulan Januari bahwa  telah menerima sejumlah uang dari kakaknya pada tanggal 23 Desember 1888. "Tak hanya itu, pada hari yang sama Johanna Boger, calon tunangan kak Van Gogh, juga menerima telegram berupa ucapan selamat atas pertunangannya dari kakaknya, Henry.Namun spekulasi itu masih diperdebatkan hingga saat ini.

KEYWORD :

Kuping Van Gogh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :