Sabtu, 18/05/2024 14:11 WIB

HUT ke-14 Minahasa Tenggara, Bupati James: Hasil yang Membuktikan Kita Hebat!

Berkat doa dan kerja keras kita semua

James Sumendap, SH. Bupati Minahasa Tenggara

Mitra, Jurnas.com - Sederet prestasi dan kemajuan ditorehkan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sulawesi Utara memasuki hari ulang tahun (HUT) ke-14 pada 23 Mei 2021.

Kabupaten yang dikenal dengan kain khas Batik Bentenan ini mampu berkembang pesat dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH.

Sejumlah prestasi berhasil dicapai, diantaranya penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, berkat keberhasilan Pemkab Mitra atas Opini Wajar Tanpa Pengucualian (WTP) 5 kali berturut-turut dari BPK RI dalam pelaporan keuangan tahun 2015 hingga 2019.

Bupati James Sumendap sendiri oleh masyarakat Mitra dijuliki sebagai sebagai Bapak Pembangunan, karena kinerjanya yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ia mengatakan, penghargaan yang diberikan langsung oleh Menkeu Sri Mulyani adalah bukti konsistensi dan kerja keras semua pihak.

"Keberhasilan 5 kali WTP berturut-turut semua untuk rakyat Mitra. Dan terima kasih kepada seluruh pejabat, pegawai serta pihak legislative yang sudah bekerja keras mempertahankan keberhasilan dalam system pengelolaan keuangan daerah,” ungkap James Sumendep.

Tidak berhenti disitu, pada 4 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten Mitra kembali meraih penghargaan dari BPK RI atas Opini Wajar Tanpa Pengucualian (WTP). Artinya, jumlah opini WTP untuk Kabupaten Mitra saat ini sebanyak 6 (enam) kali berturut-turut.

Pada kesempatan itu, suami tercinta dari Djein Leonora Rende menyampaikan terimakasih pada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Mitra yang terus mendukung program pemerintah.

"Hasil yang membuktikan Minahasa Tenggara hebat. Terima kasih untuk kesekian kalinya. Berkat doa dan kerja keras kita semua,” tandasnya.

Terkait turunya angka kemiskinan di Kabupaten Mitra, Kemeterian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) melalui, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik, pada Rabu (17/3/2021), menyampaikan luar biasa jika ada kabupaten atau kota di Indonesia mampu menekan angka kemiskinan di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Sangat luar biasa jika ada Kabupaten atau Kota di Indonesia mampu menekan angka kemiskinan di tengah situasi pandemi Covid-19, Minahasa Tenggara sudah membuktikannya. Pemerintah pusat berharap pengelolaan birokrasi saat ini harus lebih inovatif, efisien dan produktif,” kata Akmal.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mitra pada 2021 sedikit terkoreksi akibat pandemi covid-19. Mantan legislator fraksi PDI Perjuagan Provinsi Sulut ini menyebut pertumbuhan ekonomi -0,64 dibanding sebelumnya 6,03. Sedangkan angka pengangguran naik sedikit, dari 13,18 menjadi 13,31, dan angka kemiskinan mengalami penurunan dari 12,78 persen menjadi 12,30 persen.

“Ini situasi yang cukup berat, pemerintah terus berupaya mendorang semua lapisan untuk bekerjasama untuk keluar dari situasi sulit pandemi Covid-19. Kolaborasi, kerja keras dan tanggung jawab bersama adalah kunci,” ungkapnya.

Sosok James Sumendap sendiri tergolong sebagai salah satu kepala daerah yang menonjol berkat prestasinya dalam memajukan Minahasa Tenggara.

James Sumendap adalah anak dari keluarga petani Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Pria kelahiran Minahasa, 4 Januari 1969 dikarunia dua orang anak, Sabrina Sarah Sumendap dan Peter Harry Daniel Sumendap.

Bagi Masyarakat setempat, James Sumendap sukses membawa Minahasa Tenggara sejajar dengan kabupaten dan kota, khususnya di daerah Sulawesi Utara.

Menurut mantan Duta Besar untuk Filipina Letjen (Purn) Johny Lumintang, Minahasa Tenggara banyak mengalami perubahan. Perkembangan daerah ini sangat luar biasa.

Hal yang sama disampaikan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Menurut Olly, peningkatan infrastruktur di Minahasa Tenggara benar-benar nyata. Bupati James komitmen atas kemajuan yang terus berjalan ini.

KEYWORD :

James Sumendap Minahasa Tenggara HUT ke-14 Wajar Tanpa Pengecualian Sri Mulyani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :