Kamis, 16/05/2024 22:17 WIB

Harapan Presiden Jokowi di Dies Natalis ke-57 UNJ

Presiden Jokowi mengatakan, di usia ke-57 UNJ diharapkan makin kontributif dalam mencetak insan pendidikan dan talenta-talenta unggul, serta ikut serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden RI Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat dalam perayaan Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ke-57, melalui sambutan video pada Kamis (20/5).

Presiden Jokowi mengatakan, di usia ke-57 UNJ diharapkan makin kontributif dalam mencetak insan pendidikan dan talenta-talenta unggul, serta ikut serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Lembaga pendidikan tinggi harus menjadi motor pengembangan dan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan permasalahan di masyarakat, untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan menggerakkan lompatan kemajuan menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Presiden RI.

"Di usia yang kebih dari setengah abad, UNj ditangani selalu melakukan inovasi, bergerak lincah, bergerak cepat, dan mengembangkan cara cara kerja baru utk menghadapi dunia yg penuh disrupsi dan hiper kompetisi," sambung dia.

Rektor UNJ Prof. Komaruddin mengatakan perayaan Dies Natalis ke-57 yang kali ini bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), menjadi penyemangat untuk merealisasikan misi UNJ sebagai kampus unggul dan bereputasi di kawasan Asia.

"Ada tiga tesis penting yang diketengahkan untuk mengantarkan UNJ menuju kebangkitannya sebagai kampus unguul dan bereputasi di kawasan Asia, pertama menegaskan kembali identitas dan rebranding ketokohan dari UNJ, kedua mengembangkan pusat-pusat keunggulan dan inovasi termasuk produk unggulan di dalamnya, dan ketiga penguatan sistem tata kelola dan jejaring internaisonal," terang Komaruddin.

Komaruddin mengatakan UN pada masa dulu telah melahirkan tokoh pendidikan dan kebangsaan, yang menjadi rujukan nasional dan internasional. Di antaranya Prof. Deliar nur, Prof. Winarno Surahmat, Prof. Conny Setiawan, Prof. HR Tilaar, dan Prof. Sudiarto.

Karena itu pihaknya bertanggung jawab mengembangkan pemikiran-pemikiran para pendahulu tersebut, dan melalukan re-branding ketokohan pendidikan UNJ agar menjadi rujukan nasional dan internasional.

"Ini adalah amanah dan estafet penting yang harus kembali digaungkan," papar dia.

Selanjutnya dalam rangka realisasi tesis kedua, prestasi UNJ pada bidang riset unggulan semakin meningkat, yaitu mencapai 205 riset unggulan pada tahun ini. Juga terdapat 55 produk inovasi dan prototipe.

Adapun tesis menuju kampus yang unggul dan berprestasi di kawasan Asia, lanjut Komaruddin, ialah penguatan sistem dan tata kelola serta jejaring internasional.

Untuk penguatan sistem dan tata kelola, UNJ telah mengembangkan berbagai macam sistematis atau aplikasi untuk pembelajaran yang dintegrasikan melalui LMS.

"Sementara itu penguatan jejaring internasional dilakukan dengan pertama peningkatan kerjasama internasional melalui kemitraan dengan KBRI di negara-negara Amerika, Afrika, Australia, Asia dan Eropa," tandas dia.

KEYWORD :

UNJ Universitas Negeri Jakarta Dies Natalis ke-57




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :