Senin, 13/05/2024 07:18 WIB

Banjir Jakarta, Baguna PDIP Dirikan Sejumlah Dapur Umum

Membumikan nilai- nilai kemanusiaan dan kerakyatan, PDIP wajibkan anggota dan kader ikut bantu rakyat

Dapur Umum Baguna PDIP DKI Jakarta

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan gerak cepat nan sigap, membantu rakyat yang menjadi korban banjir Jakarta, termasuk mendirikan dapur umum bagi para korban.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sejumlah dapur umum dipersiapkan di kantor-kantor partai tingkat kabupaten/kota (DPC) yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta, khususnya di kawasan terdampak banjir.

"PDI Perjuangan melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) langsung turun tangan, membantu rakyat yang menjadi korban banjir dan sekaligus memersiapkan dapur umum. Sembako dan nasi bungkus pun sudah dibagikan kepada warga terdampak banjir," kata Hasto, Sabtu (20/2/2021) malam.

Sejumlah dapur umum PDIP itu terletak di kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta, di DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, di Posko Repdem Kecamatan Kramat Jati, di kantor DPC PDI Perjuangan Jakarta Barat dan di kantor DPC PDI Perjuangan Jakarta Pusat.

Kata Hasto, saat ini merupakan prosedur tetap di partai, bahwa ketika terjadi bencana di suatu wilayah, maka organ partai secara otomatis bergerak memberikan bantuan.

"Misalnya di Jakarta terjadi banjir, maka berbagai bantuan langsung dikerahkan. Basement kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta, sejumlah stok logistik yang dibutuhkan korban bencana sudah selalu disiapkan," jelasnya.

"Dari beras, kemudian ikan asin, mi instan, itu memang kita pakai. Dan langsung dikirim ke DPC," imbuh Hasto.

Kesiapan itu juga yang membuat partainya bisa bergerak cepat membangun dapur umum di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, saat tragedi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air beberapa waktu lalu.

"Jadi itu, gerak cepat. Baguna ini juga, langsung menjadi infrastruktur partai di dalam membumikan nilai- nilai kemanusiaan dan kerakyatan," tugas Hasto.

Sekjen PDIP periode 2005 - 2010 Pramono Agung Wibowo sebelumnya menyebut PDIP memiliki Baguna, atas peran besar Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Kata Pram, jarang sekali seorang tokoh sekaligus ketua umum partai, yang kemudian pernah menjabat presiden dan wakil presiden, yang begitu cinta akan tanaman, alam dan lingkungannya. Tokoh demikian ada pada sosok Megawati Soekarnoputri.

"Saya masih ingat ketika partai-partai belum ada namanya Badan Penanggulangan Bencana, Ibu Mega-lah yang pertama kali, mencanangkan, membentuk Baguna. Baru setelah itu partai lain mengikuti," kata Pramono Anung.

KEYWORD :

Banjir Jakarta Badan Serba Guna PDI Perjuangan Dapur Umum




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :