Sabtu, 18/05/2024 18:18 WIB

Joe Biden: Aliansi Transatlantik telah Kembali

Sekutu tradisional AS harus sekali lagi memiliki kepercayaan pada kepemimpinan Washington.

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Foto oleh John Angelillo / UPI

Washington, Jurnas.com -  Presiden Joe Biden menyatakan, aliansi transatlantik telah kembali. Hal itu disampaikan dalam pidatonya yang berupaya membangun kembali Amerika Serikat (AS) sebagai pemimpin Barat melawan serangan global terhadap demokrasi.

Pidato di Konferensi Keamanan Munich tahunan selaras dengan penyambutan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk kembali ke "multilateralisme" setelah tahun-tahun konfrontatif pendahulu Biden, Donald Trump.

Menyampaikan pidato internasional besar pertamanya tentang kebijakan luar negeri sejak menjadi presiden pada Januari, Biden mengatakan sekutu tradisional AS harus sekali lagi memiliki kepercayaan pada kepemimpinan Washington.

"Saya mengirimkan pesan yang jelas kepada dunia: Amerika telah kembali. Aliansi transatlantik telah kembali," kata Biden dari Gedung Putih pada Jumat (19/2).

"AS bertekad, bertekad untuk terlibat kembali dengan Eropa, berkonsultasi dengan Anda, mendapatkan kembali posisi kepemimpinan tepercaya kami," kata dia.

Biden, yang sebelumnya berbicara dengan para pemimpin dari klub negara demokrasi kaya G7, mengatakan pemerintahannya kembali menekankan pembangunan aliansi, berbeda dengan kebijakan isolasionis Trump dan perlakuan kasar terhadap mitra AS. (Reuters)

KEYWORD :

Joe Biden Amerika Serikat Aliansi Transatlantik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :